11 Cara Gila Mengerjakan Skripsi Agar Tugas Akhirmu Ini Cepat Selesai

Setelah selesai mengambil seluruh mata kuliah ditambah kewajiban KKN (bagi beberapa kampus) kini tiba saatnya kamu mengerjakan kitab suci mahasiswa bernama skripsi. Yap, seusai menamatkan kewajiban teoritismu, sekarang tiba waktunya menguji kemampuanmu memahami berbagai materi lewat sebuah penelitian. Sebagai mahasiswa kamu pun diwajibkan melakukan riset sebagai syarat kelulusan.

Tidak sedikit orang mengaku bahwa momen tersebut adalah saat terberat selama mengamban status sebagai mahasiswa. Ada banyak pula yang mengaku gagal mengemban gelar sarjana karena tak mampu menyelesaikan skripsinya. Tapi nih, sebetulnya skripsi gak sesulit itu kok. Asalkan tahu tips dan triknya, skripsi bisa selesai secepatnya. Terus gimana dong caranya?

1. Buat deadline sendiri disertakan peringatan yang membuatmu merasa rugi kalau menunda mengerjakan skripsi.

skripsi1.jpgSumber Gambar: twicsy.com

“Menunda skripsi = menunda waktu bertemu mertua!”

2. Usahakan memilih tema penelitian yang memang kamu sukai dan pahami. Jangan karena standar ketinggian, skripsimu malah gak jelas akan selesai kapan.

skripsi2.jpgSumber Gambar: i-makalah.blogspot.com

3. Meski belum teruji benar, pilih dosen yang punya gender berbeda denganmu. Kadang kalau sama-sama lelaki atau perempuan, sensinya suka berlebihan.

skripsi3.jpgSumber Gambar: indbeasiswa.com

Ini bukan modus ya, Cuma strategi saja, tapi kalau memang lanjut dan single ya gak apa-apa juga. tips skripsi

4. Kerjakan skripsi di tempat yang memang kondusif. Pilih tempat yang memang membuatmu nyaman dan bisa konsentrasi tinggi.

skripsi4.jpgSumber Gambar: myworldwhereangelsdare.wordpress.com

Bagi yang senang di kafe ya ke kafe, kalau kamu suka tempat sepi yang silahkan kerjain di perpus, atau kalau malas kemana-mana ya di kamar saja.

5. Perlakukan dosen pembimbing macam gebetan. Cari tahu kesukaannya biar proses skripsimu jadi lebih gampang.

skripsi5.jpgSumber Gambar: educationquest.org

Skripsi itu gak cuma butuh otak tapi juga strategi. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengetahui apa yang dosenmu sukai. Kalau dia senang musik, saat bimbingan selingi pembicaraan dengan musik kesukaannya. Sementara kalau dia suka makan, sesekali bawa saja makanan kesukaannya. Nah kalau dosen sudah jatuh hati, pasti deh skripsmu bisa lebih cepat selesai.

6. Seandainya dosenmu nulis buku, jangan lupa gunakan buku tersebut sebagai referensi. Kalau gak sesuai sama tema penelitianmu, bawa aja pas bimbingan biar di tahu kamu ‘baca’.

skripsi6.JPGSumber Gambar: my1stthing.blogspot.com

7. Rajin-rajin datang ke wisudaan teman biar cepat termotivasi. Malah kalau bisa ke nikahan sekalian, biar lebih semangat lagi.

skripsi7.jpgSumber Gambar: vicky8p10.blog.ugm.ac.id

8. Kurangi jadwal nongkrong, manggung, atau apapun itu supaya kamu fokus. Kalau Pak Jokowi bilang, “Kerja, kerja, kerja” ya kamu “Skripsi, skripsi, skripsi.”

skripsi8.jpgSumber Gambar: umiabie.com

9. Pastikan kamu berada pada lingkungan mahasiswa yang ingin segera lulus jadi sarjana. Hindari dulu teman yang kegiatannya masih main saja.

skripsi9.jpgSumber Gambar: lib.feb.ugm.ac.id

10. Jangan lupa minta doa sama orangtua. Meski mereka berada jauh dari kita, tapi doanya masih sampai juga.

skripsi10.jpgSumber Gambar: rizkisangpemimpi.wordpress.com

11. Terakhir, kamu juga harus dong rajin berdoa minta penyertaan Tuhan. Ingat skripsmi bisa selesai selain karena usaha tapi juga rahmat dari Yang Maha Esa.

skripsi11.jpgSumber Gambar: lightgalleries.net

Jadi, kapan nih kira-kira IDNtimes bisa lihat ijazah sarjanamu?