124 warga dapat pelayanan KB gratis

Baturaja (ANTARA News) – Sebanyak 124 orang warga Desa Penilikan SP4 Kecamatan Peninjauan mendapat pelayanan keluarga berencana gratis yang dilaksanakan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Para peserta keluarga berencana (KB) gratis itu terdiri atas hasil Implant 60 orang, suntik 40, kondom 14 dan pil 15 orang peserta,” kata Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Ogan Komering Ulu Husni Thamrin melalui Kabid IKAP, Jhony Herawan, di Desa Penilikan SP4, Kamis.

Dijelaskannya, selain KB gratis pihaknya pada kegiatan itu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pelayanan KB bagi keluarga.

Oleh karenanya setiap warga yang mendapatkan pelayanan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kepentingan kesehatan di wilayah Desa Penilikan dan sekitarnya.

Pelayanan KB gratis ini kata dia, merupakan program rutin yang dilakukan BKBPP setempat di seluruh kecamatan dan desa, serta kelurahan setempat.

Sementara mengenai berapa persen jumlah desa mendapat pelayanan sepanjang tahun ini, menurut Jhony Herawan, memfokuskan untuk desa yang jauh dan belum pernah tersentuh pelayanan KB gratis.

Sementara, Warga Desa Penilikan, Zubaidah mengaku, sangat berterima kasih dengan adanya pelayanan KB gratis yang diberikan BKBPP, karena selama ini kaum hawa di desa itu belum pernah mendapatkan pelayanan KB gratis.

“Selama ini kalau ingin KB kami harus bayar. Jadi adanya pelayanan ini sangat membantu kami mengatasi kesehatan keluarga,” katanya.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/497485/124-warga-dapat-pelayanan-kb-gratis