Add-ons Alexa

Masih seputar Alexa Rank, seperti tulisan sebelum ini yang berkaitan dengan Alexa Rank, sekarang ada beberapa tips sederhana untuk meningkatkan Rank Alexa untuk web / blog anda.

  • Memasang Alexa Toolbar di browser internet yang anda pakai

Seperti telah di singgung sebelumnya bahwa alexa.com akan mengetahui jumlah trafik atau kunjungan adalah melalui toolbar alexa yang terpasang pada browser internet. Sebenarnya cara ini tidak hanya menguntungkan bagi web atau blog anda sendiri, namun ini juga menguntungkan bagi web atau blog yang sering anda kunjungi. Akan tetapi saya yakin anda akan lebih sering mengunjungi blog anda sendiri di bandingkan dengan mengunjungi blog orang lain ( pengalaman sendiri ^_^ ) Tertarik ingin memasang alexa toolbar di browser anda, install saja sekarang.

1. Bagi Pengguna Internet Explorer & Mozilla Firefox Download aja Add-ons Alexa disini.

2. Alternatif lain bagi pengguna Firefox  (integrasi antara Page Rank checker serta Alexa Rank checkher) download aja disini

  • Setting Web / Blog anda menjadi Home Page pada browser yang anda gunakan.
  • Buatlah tulisan di blog anda mengenai alexa

Dengan anda membuat tulisan tentang alexa, maka para pengunjung setia blog anda akan tertarik menggunakan tool alexa, ini tentunya menguntungkan karena data yang masuk ke alexa akan sangat lancar.

  • Tingkatkan pengunjung jumlah blog anda.

Alexa rank adalah suatu peringkat yang berdasarkan banyaknya kunjungan terhadap suatu web atau blog, maka tentu saja semakin banyak pengunjung web atau blog anda, alexa rank akan semakin baik.

Berikut beberapa tips agar blog anda ramai di kunjungi oleh pengunjung :

  1. Isi blog anda banyak di minati oleh orang banyak. Misal : Info lowongan kerja, tutorial, berita, dll.
  2. Coba fahami sedikit tentang yang namanya SEO, baca di sini!.
  3. Daftarkan situs anda di berbagai Search engine
  4. Daftarkan blog anda ke berbagai agregat atau social bookmarking. Untuk blog berbahasa inggris coba submit ke digg, stumbleupon, ma.gnolia, delicious, furl, technorati, simpy, spurl, reddit, mybloglog, blogcatalog, dan lain-lain. Untuk blog bahasa indonesia, coba daftarkan ke blog-indonesia, lintas berita, info gue, dal lain-lain.
  5. Jadikan web pertemanan semisal  yuwie, hi5, facebook, dan lain-lain sebagai ajang untuk promosi, namun jangan terlalu gencar karena bisa di anggap spam.
  6. Masukkan alamat web atau blog anda pada signature forum (bagi yang aktif di forum). Untuk infonya baca disini
  7. Masukkan alamat web atau blog anda pada signature email.
  8. Pasang iklan di situs iklan baris gratis seperti : iklanbaris.co.id, iklanads.comwebiklan.com, dan lain-lain.
  9. Jika punya dana lebih, coba pasang iklan bayar per klik seperti : kliksaya, kumpulblogger, adsensecamp, dan lain-lain. Jika ingin yang lebih dahsyat coba deh dengan google adword.
  10. Coba pasang Iklan di blog yang ramai di kunjungi dan terkenal tapi dengan harga murah. Contoh di http://blog.umy.ac.id/lintasberita/ ^_^

Silahkan dicoba dan liat perubahannya paling tidak dalam 1 bulan.