Belajar dari orang eskimo

Orang-orang Eskimo di kutub utara mempunyai suatu cara yang unik dalam berburu serigala. Mereka mencelupkan mata pisau ke dalam darah dan dibiarkan membeku berulang-ulang kali sampai mata pisau tersebut menyerupai es krim yang terbuat dari darah.

Kemudian pisau tersebut ditaruh di atas salju di tempat yang tinggi dengan bagian yang tajam menghadap ke atas. Di tempat yang tinggi tersebut biasanya pergerakan udara mengalun kesana-kemari. Aroma darah ini tercium oleh hewan buas pemakan daging, salah satunya dalah srigala.

Ketika serigala datang, ia segera menjilati pisau yang berlumuran darah tersebut.  Tanpa disadarinya lidahnya terluka oleh mata pisau dan berdarah. Tetapi, serigala malah menganggap darahnya sendiri sebagai darah yang segar dan serigala itu terus menerus menjilati pisau tersebut karena dinginnya suhu udara di kutub membuat lidahnya yang robek, tidak terasa sakit.

Srigala tersebut terus menjilati pisau yang berlumuran darahnya tersebut hingga akhirnya mati kehabisan darah di atas salju. Dan ia terkulai lemas di tempat itu.

Saudaraku.. itulah nafsu dan maksiat.. Jika kita terus memperturutkan nafsu kita dengan berbuat maksiat, maka itu sama saja kita sedang membunuh diri kita sendiri secara perlahan-lahan seperti srigala itu, tanpa kita sadari..

Hingga ketika ajal datang menjemput, barulah penyesalan akan muncul.. tetapi sayang.. penyesalan kala itu sudah tidak ada gunanya lagi..

wallahua’lam.. semoga kita pandai dan terampil menjaga diri..  mampu mengendalikan hawa nafsu yang menjerumuskan ke dalam gelapnya adzab kubur dan pedihnya neraka. amin…

Lintasberita