Harga Cabai Makin Meroket

Pemerintah meminta para pedagang cabai untuk tidak mencari untung berlebih di tengah meroketnya harga cabai saat ini. Pedagang jangan mencari kesempatan dalam kesusahan.

Demikian disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat ditemui di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (5/1/2011).

“Memang petani menikmati tapi tidak sebanyak tengkulak itu. Mungkin kita minta kepada para tengkulak ini jika mencari keuntungan jangan berlebihan lah, masyarakat perlu dibantu juga. semua terutama untuk pangan. Untuk yang melakukan grosir jangan ditimbun,” tutur Hatta.

Hatta mengatakan, cuaca yang ekstrem ini mempengaruhi pasokan distribusi bahan makanan termasuk cabai di dalamnya. Dalam jangka pendek tak ada lagi solusi yang bisa dilakukan selain meningkatkan produksi dalam negeri.

“Intinya produksi kita ini sedang kurang, sedangkan demand itu tetap tinggi. Jadi kita tidak bisa sebagaimana intervensi beras, minyak. Cabai ini tidak bisa cabai kering, harus cabai segar. Intinya adalah meningkatkan produksi,” katanya.

Hari Jumat (7/1/2011), Hatta akan mengumpulkan beberapa menteri untuk membahas soal lonjakan harga pangan ini.

“Jadi kita mendorong bagaimana menteri pertanian mencarikan bibit. Membantu para petani lah, meningkatkan produksi,” tukas Hatta. (Detik.com)

Ditulis kembali oleh http:/blog.umy.ac.id/lintasberita