"Car Free Day" akan diperluas hingga Kota Tua

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memperluas penerapan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day hingga ke kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

“Kalau selama ini car free day hanya diterapkan di ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, sekarang kita berencana perluas sampai ke Kota Tua,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, car free day merupakan kegiatan yang positif untuk masyarakat, sehingga akan lebih baik apabila kawasan pemberlakuannya lebih diperluas lagi.

“Intinya, selama kegiatan itu menguntungkan dan membawa dampak yang positif untuk masyarakat, saya kira ada baiknya kalau area car free day itu diperluas, jadi tidak hanya berpusat di tengah kota,” ujar Ahok.

Selain dapat dimanfaatkan untuk berolah raga, dia menuturkan kegiatan car free day juga bertujuan untuk mendorong agar masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

“Karena kawasan Kota Tua dilewati oleh bus tingkat pariwisata yang juga merupakan angkutan umum, makanya kita mau perluas penyelenggaraan kegiatan car free day sampai ke kawasan tersebut,” tutur Ahok.

Meskipun demikian, dia pun mengungkapkan pihaknya akan terus berupaya menambah jumlah armada bus, sehingga akses masyarakat untuk menikmati car free day di kawasan Kota Tua semakin mudah.

“Sesegera mungkin kita akan mulai penerapan car free day di Kota Tua. Akan tetapi, kita mau tambah dulu jumlah busnya. Yang pasti, kita ingin supaya masyarakat menggunakan transportasi umum,” ungkap Ahok. 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/496966/car-free-day-akan-diperluas-hingga-kota-tua