Cara Verifikasi Blog UMY di Google

Gimana sudah baca belum tulisan saya tentang cara verifikasi blog kita di Google Analytic kemarin ? Kalau belum silahkan baca lagi dan ikutin tutornya sebab disini kita akan memverifikasi akun Blog kita di google lewat Google Analytic.

Mungkin banyak diantara teman-teman yang bingung bagaimana cara memverifikasi blog kita di 3 search engine blog besar yaitu Google, Yahoo dan Bing, begitu juga yang saya alami saya juga bingung bagaimana cara agar blog ini bisa terverifikasi oleh 3 mesin pencari tersebut, karena syarat untuk memverifikasi blog kita ke search engine adalah dengan : 1. mengupload sebuah file verifikasi ke file server blog kita dan kedua adalah menambahkan meta tag pada beranda blog kita.

Untuk cara yang pertama jangan harap dech, lho kok bisa ? ya jelas lah kita di subdomain blog umy ini tidak diberi kewenangan untuk upload file ke server blog, bisa kacau kalau semua member bisa upload semua file-file jadi yang bisa hanya admin blog umy  saja. Dan untuk menambahkan meta tag ke header themes nampaknya juga tidak bisa, karena kita tidak bisa mengubah2 tuh bentuk di blog umy, kalau di blog wordpress yang gratisan untuk verifikasi sih sangat mudah, kita tinggal masukin saja meta tag  yang kita peroleh dari search engine ke dalam kolom2 seperti pada gambar dibawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana untuk Blog UMY tenang saja ternyata om google mendengar mengerti dengan nasib para blogger dengan subdomain seperti kita ^__^ jadi sekarang kita bisa memverifikasi blog kita melalui google analytic.

Ok Langsung saja kita mulai langkah-langkahnya.

  • Silahkan Login di halaman Google Web Master disini pasti sudah punya id di google kan ? kalau belum berarti belum daftar Google Analytic juga donk, ( untuk verifikasi ini harus sudah pernah mendaftar Google Analytic hingga terverifikasi )
  • Akan tampak halaman depan dari Google Web Master seperti dibawah ini, disitu bisa terlihat mana web yang sudah terverifikasi dan belum, untuk menambahkan blog baru kita maka kita pilih yang Add a Site

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Klik Add a Site kemudian masukkan alamat website / Blog kamu pada kota yang tersedia.
  • Pilih cara verifikasi melalui Google Analytic seperti pada gambar dibawah ini, digambar dibawah ini juga terlihat bahwa saya dulu selalu gagal memasukan meta tag.

 

 

 

 

 

 

  • Setelah itu maka akan terlihat status verifikasi kita sukses, jika verifikasi Google Analytic kamu sukses tentu verifikasi di sini juga akan sukses, seperti gambar dibawah ini.

 

 

 

  • Mengenai Manfaat dan Kegunaan kita mem verifikasi blog kita di Search Engine akan saya buat pada tulisan berikutnya, jadi tunggu dulu yah.

Baca Juga

Tutorial Blogging