“Celana SpongeBob” Berubah sanksi 6 Bulan untuk Kiper ini

Teheran – Seorang kiper mendapat larangan main di kancah domestik selama enam bulan. Hal itu dikabarkan akibat pilihan busananya–yang disebut sebagai “celana SpongeBob SquarePants”.

Sosha Makani, demikian nama kiper tersebut. Pesepakbola 29 tahun itu merumput di kompetisi liga Iran dan juga tercatat pernah tiga kali membela timnas negara tersebut.

Nah, sebelum sebuah pertandingan Makani kendapatan berfoto dengan busana bebas berupa kaus oblong warna biru dan celana berwarna kuning terang–yang kemudian dimiripkan seperti karakter SpongeBob.3177eb7d-a4f8-43fe-8f32-5a113880bf6e_34

“Sosha dihukum enam bulan karena celana kuning,” tulis media olahraga Iran, Varzesh3.

“(Celana) SpongeBob membuahkan sanksi enam bulan buat Sosha,” sebut kantor media online setempat, Asriran.

Iran punya aturan ketat mengenai busana dan kantor berita ISNA, yang dikutip BBC, menyebut sanksi untuk si pesepakbola dikarenakan “perilaku tidak pantas”. Komite moral federasi sepakbola Iran juga menyatakan bahwa busana Makani adalah salah satu alasan.

Seorang anggota komite moral yang tidak disebut namanya dan dikutip oleh media Varzesh3 memaparkan bahwa Makani sudah menolak datang saat dipanggil oleh federasi sepakbola Iran untuk dimintai keterangan.

“Kami mengambil keputusan itu karena penampilannya dan potensi dampaknya pada masyarakat,” tulis media itu seperti dikutip Guardian.

Bulan Januari lalu Makani juga tersandung masalah lain. Ia sempat ditangkap dan masuk penjara sesaat setelah beredar foto dirinya dengan beberapa perempuan yang bukan muhrim, dengan perempuan-perempuan itu juga dianggap mengenakan busana tak sepantasnya.

(krs/krs)
Sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2016/06/09/095549/3228891/424/celana-spongebob-berbuah-sanksi-6-bulan-untuk-kiper-ini