China Maju ke Final Piala Sudirman

Piala Sudirman 2011

Tuan rumah memastikan tampil pada partai final perebutan Piala Sudirman di Qingdao Sport Center Gymnasium Qingdao, China.

Pada babak semifinal China yang diunggulkan di tempat pertama berhasil menghentikan perlawanan Korea Selatan dengan angka 3-1.

Pada partai puncak yang dimainkan di tempat yang sama pada Minggu (29/5), Lin Dan dan kawan-kawan bakal bertemu pemenang antara Denmark melawan Indonesia yang baru dimulai pukul 19.00 waktu setempat.

Partai pertama antara China melawan Korea yang memainkan nomor ganda campuran, pasangan Xu Chen/Ma Jin harus berjuang keras untuk mengalahkan pasangan Korea, Ko Sunghyun/Ha Jungeun.

Pasangan China berhasil mengalahkan ganda campuran dengan tiga set yaitu 21-23,21-14, dan 24-22 dalam waktu satu jam 12 menit sehingga menjadikan juara bertahan unggul 1-0.

China memperbesar kemenangan menjadi 2-0 setelah tunggal putranya, Lin Dan berhasil menghentikan Park Sung Hwan dengan dua set langsung, 21-16 dan 21-10 dalam waktu 42 menit.

China yang tinggal satu angka untuk meraih kemenangan akhirnya tertunda karena pada partai ketiga yang memainkan nomor ganda putra, pasangan Cai Yun/Fu Haifeng kalah dari pasangan Jung Jaesung/Lee Yong Dee dengan angka 21-19,16-21, dan 14-21 dalam waktu satu jam dua menit.

Pada partai keempat yang memainkan nomor tunggal putri, tunggal putri peringkat satu dunia Wang Shixian menumbangkan perlawanan Bae Yeonju dengan dua set langsung, 21-15 dan 21-12 dalam waktu 50 menit.

Pelatih Kepala Tim China, Li Yongbo mengatakan, sebenarnya timnya bisa menang dengan angka 3-0 langsung dari Korea tetapi ternyata nomor ganda putranya kalah.

Tetapi, kata mantan pebulu tangkis ganda putra China (berpasangan dengan Tian Bingyi) tersebut, dirinya beruntung ada Wang Shixian yang menjadi penentu kemenangan timnya atas Korea.

Wang Shixian sempat tidak dimainkan dalam beberpa pertandingan setelah kalah dari Juliane Schenk (Jerman) pada pertandingan penyisihan Grup A dengan angka 19-21 dan 16-21.

Saat menghadapi Jepang pada penyisihan grup, mereka menurunkan Wang Xin di tunggal putri dan menang atas Sayako Sato dengan angka 21-12 dan 21-11.

Tetapi saat menghadapi India pada babak perempat final, Wang Xin dikalahkan tunggal putri, Saina Nehwal dengan dua set langsung, 15-21 dan 11-21.

Kemudian saat melawan Korea Selatan pada babak semifinal, China kembali menurunkan Wang Shixian dan mampu menjadi kunci kemenangan atas Korea.

Lintasberita at Antara