Setelah Enam Tahun, Denmark ke Semifinal

Piala Sudirman 2011

Setelah enam tahun absen, akhirnya Denmark berhasil menembus babak semifinal turnamen Sudirman Cup 2011. Peter Gade dkk seolah ingin mengembalikan nama besar mereka di pentas bulutangkis.

Pada awal 90an, Denmark memang pernah menjadi sebuah kekuatan bulutangkis yang menakutkan di dunia. Buktinya, negara dari belahan Eropa itu pernah menembus babak semifinal turnamen Sudirman Cup sebanyak enam kali beruntun dari 1989-2005.

Setelah itu, dominasi Denmark runtuh di turnamen bulutangkis beregu ini. Tapi, pada tahun ini, Denmark kembali menembus babak semifinal setelah berhasil mengalahkan Taipei 3-1 pada babak perempatfinal.

“Ini pertama kali dalam enam tahun terakhir, kami berhasil ke babak semifinal turnamen Sudirman Cup 2011. Saya akan sangat senang jika kami berhasil membawa medali juara buat Denmark dan Eropa,” kata manajer tim Fine Traerup Hansen.

Menurut Hansen, kunci kemenangan Denmark tak lepas dari permainan cemerlang tunggal putra Peter Gade dan tunggal putri Tine Baun. Setelah sempat ketinggalan, mereka berhasil menyumbang poin buat Denmark.

“Gade bermain dengan menggunakan hati. Pada awal pertandingan, dia memang sempat mengalami kesulitan, namun entah bagaimana Gade berhasil menang, begitu juga dengan Tine. Mengawali laga dengan lambat, dia mampu meraih kemenangan,” tambahnya.

Pada babak semifinal, Denmark akan bertemu dengan Indonesia pada laga nanti malam. Pasukan muda Merah Putih berhasil merebut satu tiket, setelah menyudahi perlawanan Jepang dengan skor 3-2. Tapi, Hansen mengaku tidak gentar menghadapi Indonesia.

“Tidak masalah siapa yang akan kami hadapi pada babak semifinal. Kami sudah mengatakan berulangkali, kami ingin bertemu China pada babak final nanti,” sesumbarnya sebagaimana dilansir bwfbadmninton.org, Sabtu (28/5/2011).

Lintas Berita at Oke Zone