Fasilitas UMY

Knowledge Learning Center (KLC) Perpustakaan UMY

‘We Bring Knowledge Closer to You!’

di abad 21 ini, peradaban manusia menyaksikan kemunclan sebuah era baru yang sering disebut sebagai ‘era ekonomi pengetahuan (knowledge economic). Dalam konstruk era baru seperti ini, pengetahuan menjadi asset yang sangat vital dalam membangun keunggulan kompetitif bagi individu, organisasi, masyarakat maupun bangsa.

Menghadapi tantangan tersebut perpustakaan UMY mendirikan Knowledge Learning Center dengan mottonya ‘we bring knowledge closer to you’. KLC menjadi garda depan penyedia sumber informasi.

Saat ini KLC UMY memiliki beragam koleksi informasi seperti :

database jurnal online dari PROQUEST dan EBSCO

Mass Media Knowledge Management online dari 45 media dalam dan luar negeri yang berisi 18.000 judul dalam 4 bidang : ekonomi dan bisnis, politik, HAM dan hukum.

20.000 judul buku dari 60 ribu eksemplar dari dalam dan luar negeri.

koleksi buku-buku Muhammadiyah dari para pemikir Muhammadiyah di Pusat Informasi Muhammadiyah

Pusat Pelatihan bahasa

Pusat pelatihan bahasa (PPB) adalah unit pendukung di UMY. PPB bertanggung jawab dalam pengembangan penguasaan bahasa bagi mahasiswa UMY dan alumninya sebagai salah satu keuntungan kompetitif yang seharusnya dimiliki mereka. Dalam rangka mencapai tujuan ini, PPB telah mendesain beberapa program bahasa yang berkualitas. Pengajar di PPB ini merupakan lulusan dari universitas nasional dan internasional, PPB tidak hanya focus pda bahasa Inggris semata tapi juga bahasa internasional lainnya seperti cina, jepang dan arab.

Program-program yang ditawarkan leh PPB adalah English for academic purposes, English for Public Speaking, English for Paper Writing, English for Job Hunting dan TOEFL Preparation. Selain program-program tersebut, PPB juga memberikan pelayanan bahasa seperti tes TOEFL – like, tes Institutional TOEFL, pelayanan translasi, kursus bahasa privat, dan pelatihan in-house.

Kelas-kelas di PPB didesain dalam kelas kecil untuk 20 mahasiswa agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Menggunakan metode student centered learning, aktivitasnya bertujuan untuk memberikan hasil terbaik dalam pembelajaran bahasa. Dilengkapi dengan kelas multi media dan didukung oleh laboratorium bahasa dan komputer yang modern, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan besar untuk meningkatkan kemampuan bahasanya. Mahasiswa juga bisa meningkatkan ketrampilan bahasa mereka dengan mengunjungi Self Access Center dimana mereka bisa menggunakan buku-buku, CD, kaset dan sumber belajar lain yang diterbitkan oleh penerbit internasional yang terkemuka.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, PPB didampingi oleh para instruktur yang memiliki kompetensi dan berpengalaman. Para instruktur ini merupakan alumni dari UGM, UNY, Sanata Darma, UPI Bandung, IIUM Malaysia, Flinders University of Soulth Australia, University of South Australia, dan Edith Cowan University. Selain itu, para instruktur juga memiliki komitmen ygn tinggi untk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pembelajarannya. Sebagai tambahan, mahasiswa di PPB juga bisa mendapatkan keuntungan diajar oleh instruktur dari pengajar bahasa aslinya yang merupakan hasil kerjasama dengan institusi nasional dan internasional seperti Lembaga Dakwah dan Taklim Jakarta, Australian Volunteers International, Overseas Chinese Affairs Commission Republic of China, dan Singapore International Foundation.

Dengan keunggulan diatas, PPB UMY siap menjadi salah satu pusat keunggulan yang akan mendukung UMY mencapai tujuannya sebagai universitas yang unggul dan mencerahkan.

UMY First!

UMY First! adalah singkatan dari UMY Free Internet Hot Spot, merupakan fasilitas bagi mahasiswa UMY yang membutuhkan akses internet di kampus. Setiap mahasiswa bebas mengakses internet dari mana saja dan kapan saja. Fasilitas ini tentu saja memudahkan mahasiswa dalam menggali sumber belajarnya melalui dunia maya. Akses literature dan jurnal internasional.

E-Learning

Perkembangan teknologi informasi saat ini mendorong UMY untuk mengembangkan pembelajaran berbasis IT melalui electronic-learning (E-Learning). Menggunakan system MOODLE, sebuah system manajemen pembelajaran on-line. Dengan system ini pembelajaran tidak lagi terbatas di ruang kelas. Interaksi dosen-mahasiswa bisa berlangsung kapan saja dan dimana saja. Efektivitas pembelajaran juga semakin baik dengan E-Learning ini karena mahasiswa dapat mengakses bahan ajar, mengerjakan tugas bahkan diskusi dengan dosen dan teman-temannya.

untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website UMY disini :

Dicatat Oleh Lintasberita

www.umy.ac.id