FISIP UHAMKA dakwah lapangan – mata kuliah kemuhammadiyahan

DASAR PEMIKIRAN
Dakwah Lapangan adalah kegiatan pembelajaran mahasiswa yang dilakukan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat, membantu masyarakat menjadi lebih berdaya dan lebih mandiri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi.

TUJUAAN KEGIATAN
1. Mempererat tali persaudaraan antar sesama
2. Membantu meringankan beban saudara – saudara kita yang membutuhkan
3. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama umat manusia

NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan : Dakwah Lapangan Kemuhammadiyah-an
Tema Kegiatan : membantu sesama yang membutuhkan, dengan nila-nilai islam

BENTUK KEGIATAN
 Silahturahim dengan target yang akan diberi bantuan
 Saling membantu dan berbagi dalam bentuk barang dan uang.

SASARAN DAKWAH LAPANGAN
Sasaran dakwah Lapangan ini adalah seorang pedagang gulali yang merupakan seorang perantauan dari jawa ke jakarta yang mengadu nasib sendiri tanpa keluarganya selama 48Tahun. Pedagang ini tidak memiliki tempat tinggal, ia hanya menempati tanah kosong di belakang mushola yang tadinya sebagai pemakaman keluarga namun dijadikan tempat tinggal yang sangat minim hanya menggunakan papan tanpa jendela dan pintu. Yang menjadi target lapangan kelompok ini yaitu Bpk. Kamat (bang kateng).
Sasaran dakwah ini mengalami kurang pendengaran dan ia pun pernah mengalami mati suri sebanyak dua kali. Target kami sehari – harinya selain berjualan gulali, juga bekerja mencari rumput untuk pakan kambing. Terkadang beliau bekerja membantu warga sekitar. Ia juga mendapat makan jika tidak mempunyai uang lebih memilih untuk meminum kopi dari pada harus meminta kepada warga setempat. Anak – anaknya pun jarang sekali menjenguknya hanya sesekali jika sedang tidak sibuk bekerja. Walaupun anaknya ada yang sudah bekerja di Jakarta juga, tetapi tidak ada satu pun anaknya yang tinggal dengannya atau membawa bapak kamat tinggal bersama anaknya.

SUSUNAN KEPANITIAAN
Penanggung Jawab : Dosen Mata Kuliah Kemuhammadiyah-an
M. Dwi Fajri, S.Sos.I, M. Pd.I
Ketua Pelaksana : Amalia Azkiah
Sekretaris Pelaksana : Wiki Asyanti Pratiwi
Dokumentasi : Ulfa Nanda Fauziah
Koordinator Acara : Try Annisa Fitriyani

AGENDA KEGIATAN
Waktu : 28 Oktober 2014 – 25 Desember 2014.
Tempat : Jl. H.Soleh 1, Gg. Musholla,
Sukabumi Selatan, kebon jeruk, Jakarta Barat.

PENUTUP

Demikianlah Kegiatan Dakwah Lapangan yang kami sudah laksanakan, alhamdulillah berkat bantuan para dermawan yang baik kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan harapan serta dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada ummat dengan segala rahmat, petunjuk dan ridha Allah SWT
Atas segala perhatian dan bantuan Bapak/Ibu/Sdr/Sdri kami haturkan jazaakumullaahu ahsanal jazaa’, semoga Allah SWT selalu memberikan limpahan rahmat serta kemudahan rizki di dalam mengarungi bahtera kehidupan di alam dunia ini. Amin. Terimakasih