Gamelan Bali membahana di pusat Kota Meksiko

London (ANTARA News) – Musik Gamelan Bali membahana di pusat kota Mexico City, tepatnya di panggung utama Feria de las Culturas Amigas FCA 2015 di kawasan  Zocalo Capitalino.

Tim Kesenian KBRI Mexico City  yang membawakan gamelan Bali itu mendapatkan tepuk tangan meriah dari sekitar 2.000 penonton.

Sekretaris II /Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara menyebutkan, tim kesenian KBRI juga menampilkan tari tradisional yaitu Tari Yapong, Tari Merak, Tari Tor Tor Tandok, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Siutte Manis.

Pengunjung juga antusias membeli aneka produk kerajinan khas Indonesia, antara lain pakaian batik, ukiran kayu, selendang ulos, tas dan sepatu tenun, dan taplak batik yang ditawarkan oleh Usaha Kecil dan Menengah binaan Kamar Dagang dan Industri Tangerang Selatan dan Dharma Wanita Persatuan KBRI Mexico City.

Pada FCA tahun ini, KBRI bekerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC)  Mexico City menggandeng importir produk makanan PT. Mayora Indonesia di Meksiko untuk memperkenalkan produk makanan.

Partisipasi tahun ini lebih meriah dari partisipasi di enam FCA sebelumnya. Tiga foto yang memamerkan kekhasan budaya Indonesia yaitu wayang Golek, topeng Cepot, dan patung kayu khas Bali, ikut dipamerkan di pagar yang mengelilingi taman terbesar di jantung ibukota Meksiko, Bosque de Chapultepec di jalan Reforma.

FCA merupakan festival budaya internasional yang telah secara rutin diselenggarakan Pemerintah Kota Mexico City sejak tahun 2009. 

Sebanyak 94 perwakilan negara asing di Meksiko berpartisipasi dalam FCA 2015 , untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Mexico City menggandeng Kedutaan Besar Inggris Raya di Mexico City untuk menjadi Negara Tamu dalam FCA 2015.

FCA 2015 yang akan ditutup pada tanggal 24 Mei 2015 mendatang ditargetkan dikunjungi sekitar 2,5 juta orang, melebihi pengunjung FCA tahun lalu yaitu 2,3 juta orang.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/497961/gamelan-bali-membahana-di-pusat-kota-meksiko