Pengacara Heran Terkait Jalan-jalan Gayus

Kepergian Gayus Tambunan ke luar negeri telah membuat tim pengacaranya terheran-heran. Gayus mengakui bahwa dirinya pergi ke luar negeri, yakni Macau, Kuala Lumpur dan juga Singapura.

“Kami tidak ingin menuduh apa-apa. Tapi, masalah Gayus ke luar negeri ini timing-nya kok tepat sekali sehari sebelum Gayus bacakan pledoi,” kata salah satu pengacara Gayus, Pia Akbar Nasution saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat malam 7 Januari 2011.

Meski tim pengacara sudah komitmen tidak akan mengurusi masalah ‘jalan-jalan’ kliennya, tapi Pia tidak bisa menutupi keheranannya. Tim pengacara menyayangkan atensi publik yang tersedot ke masalah jalan-jalan itu.

“Harusnya tetap fokus pada agenda yang lebih besar, yakni membongkar mafia pajak dan hukum,” tegasnya. “Tapi saya tidak bilang kasus Gayus jalan-jalan itu tidak penting.”

Jikapun perjalanan kliennya itu benar, Pia yakin banyak pihak yang seharusnya terseret dan tidak hanya terhenti seperti saat Gayus ke Bali, November 2010.

“Yang kena hanya kepala rutan dan beberapa bawahannya. Padahal kan ini banyak pihak yang terlibat, termasuk imigrasi,” tegasnya.

Gayus, kata dia, tidak mungkin bisa ke Singapura, Macau, dan Kuala Lumpur dengan sendirinya. “Saya harap pengusutan ini tidak berhenti begitu saja seperti kasus ke Bali,” kata dia.

Gayus sendiri mengakui kepergiannya ke luar negeri. Gayus yang tengah berstatus tahanan itu mengaku pergi ke tiga negara. “Yang bersangkutan dari hasil interogasi ada benar memang ke sana, ya ke Macau, KL (Kuala Lumpur), Singapura juga,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 7 Januari 2011.

Anton mengatakan, Gayus mengaku pergi ke Macau pada 24 September 2010. Namun, Anton mengaku belum mendapatkan informasi tanggal pasti kepergian Gayus ke Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia. Dia menambahkan, kepergian Gayus ke tiga negara itu bersama sang istri, Milana Anggraeni. “[Pergi] Bersama istrinya,” kata dia. (Vivanews.com)

Ditulis kembali oleh http://blog.umy.ac.id/lintasberita