NII Pun Klaim Glenn Fredly

Kelompok Negara Islam Indonesia (NII) rupanya punya banyak cara membujuk korbannya masuk dalam organisasi itu. Tak jarang mereka mengklaim sejumlah tokoh dan figur penting adalah anggota NII.

“Tak segan-segan mereka menyebut kalangan selebritis ikut NII. Seperti penyanyi Glenn Fredly diklaim masuk NII,” ungkap Fadly, Presiden Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jumat (20/5/2011).

Dia mengaku hampir saja menjadi anggota NII. Kala itu Fadly mengaku tahun 2005 bertemu dan berkenalan dengan Arfan, seorang mahasiswa Universitas Indonesia. Dari perkenalan itu dia kemudian diajak Arfan ke bilangan Depok Timur mengikuti sebuah acara pengajian.

“Setelah sampai di sebuah tempat ternyata saya disuruh masuk ke dalam kamar yang di dalamnya ada seseorang berpakaian rapi lengkap dengan jas dan dasi,” tutur Fadli di sela-sela acara deklarasi anti NII di kampus STIE Ahmad Dahlan, Jakarta.

Ketika Fadli diberi beberapa pertanyaan. Sampai saat ditanya dari mana dia berasal, Fadli menjawab berasal dari Ambon. “Artis kamu Glen Fredly itu sudah masuk di sini,” ujar Fadli menirukan orang tersebut.

Akhirnya pria itu mengamanatkan agar Fadli menyerahkan sejumlah uang sebagai sumbangan. “Saya ditanya mau nyumbang apa?” papar Fadli.

Rahmawati, mahasiswi STIE Ahmad Dahlan mengaku menjadi korban perekrutan anggota NII. “Satu tahun lalu saya jadi anggota kelompok itu. Dia didoktrin dan diminta nyumbang buat kebaikan, buat Allah. Akhirnya waktu itu saya sempat ngasih Rp 3,5 juta,” tuturnya.

Lintasberita from Tribun