Harkitnas digelar di jalan tol Samarinda-Balikpapan

Samarinda (ANTARA News) – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertema Sukseskan Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur dan RKPD Pemerintah Provinsi Kaltim Tahun 2015, berlangsung di KM 13 ruas tol Balikpapan-Samarinda, Rabu (20/1).

Pada upacara itu hadir seluruh perwakilan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) se-Kalimantan. Nampak pula Menkominfo Rudiantara, Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak, perwakilan Gubernur Kalbar, Kalteng dan Pejabat Gubernur Kaltara.

Selanjutnya ada Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal serta Ketua DPRD Kaltim Syahrun, yang didampingi Sekwan DPRD Kaltim Achmadi.

Tampak hadir juga Panglima Kodam Tanjungpura Kalbar, Panglima Kodam Mulawarman Kaltim-Kaltara, Kapolda Kalbar, Kaltim-Kaltara, serta seluruh direktur utama beberapa Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim.

Usai acara, Ketua DPRD Kaltim, Syahrun mengatakan perayaan Harkitnas tahun ini sangat spesial bagi Kaltim, sebab acara juga dirangkaikan dengan peresmian beberapa pembangunan infrastruktur penting bagi daerah itu.

Acara peringatan dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antarkepala daerah se-Kalimantan dengan Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Menkominfo) mengenai Pemanfaatan Infrastruktur Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi se-Kalimantan.

Acara dilanjutkan dengan peresmian dan groundbreaking beberapa infrastruktur pembangunan seperti, peresmian pembangkit listrik 2×100 MW dan 2×15 MW dan syukuran percepatan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda segmen 1-5.

Lalu dilanjutkan dengan peninjauan display room KEK Maloy, Pelabuhan Peti Kemas Kariangau, infrastruktur sektor pertanian, pendidikan, dan beberapa infrastruktur vital lainnya.

“Peresmian ini merupakan indikator penting pembangungan Kaltim di masa depan. Melakukan peresmian dan groundbreaking ini, membuktikan Kalimantan mendapat perhatian pemerintah pusat,” kata Syahrun

Oleh sebab itu, lanjut Syahrun, sudah semestinya pemerintah baik provinsi, kabupaten/kota dan seluruh jajaran SKPD terkait saling bersinergi, bersama-sama mencari formulasi terbaik bagaimana pembangunan infrastruktur Kaltim bisa terselesaikan dengan cepat.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/497289/harkitnas-digelar-di-jalan-tol-samarinda-balikpapan