Ini Dia Wajah Baru Hambali!

Wikileaks merilis sejumlah data sejumlah tahanan Guantanamo. Kawat yang dikeluarkan pada 30 Oktober 2008 itu salah satunya memuat identitas Hambali, teroris kakap asal Indonesia.

Dalam data yang dirilis detikcom dari Wikileaks, Kamis (28/4/2011) itu juga dilampirkan foto terbaru Hambali. Pria kelahiran Cianjur itu terlihat berjenggot lebat. Wajahnya sudah terlihat lebih tua dibanding foto lama yang beredar. Wajah Hambali pun tampak lebih tirus.

Dalam kawat itu disebutkan, Hambali mesti tetap mendapatkan penahanan. Nomor tahanan Hambali tercatat ISN US9ID-010019DP. Dalam kawat itu disebutkan sejumlah keterangan mengenai Hambali.

Hambali memiliki nama asli Riduan Isomuddin lahir pada 4 April 1964. Namun Hambali memiliki sejumlah banyak nama alias yakni Encep Nurjaman, Hambali al-Malaysi, Mizi, Azman, Alejandro Davidson Gonzalez, Hendrawan, Kahar, Muzabkar, Halim Osmann, Samsuri, dan Daniel Suarez Naveira.

Hambali disebutkan dalam dokumen itu sebagai anggota senior Al Qaeda, dia dituding bertanggung jawab atas peristiwa bom Bali 12 Oktober 2002 yang menewaskan 200 orang. Hambali memberikan suplai uang dan mengatur rencana operasional Al Qaeda dan Jamaah Islamiyah.

Dalam dokumen itu juga dijelaskan bagaimana Hambali setelah lulus dari sekolahnya di Cianjur, kemudian pergi ke Malaysia dan direkrut masuk JI oleh Abdullah Sungkar. Dari sana perjalanan Hambali dimulai hingga menjadi petinggi Al Qaeda.

Sumber : Detik

Lintasberita & Tutorialblogging