Ini Pentingnya Mengajarkan Gaya Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini

Jakarta – Gaya hidup sehat penting diterapkan sejak dini agar kualitas hidup anak lebih baik hingga dewasa nanti. Makanan dan minuman yang bergizi, akan memengaruhi tumbuh kembang anak. Sementara aktivitas fisik penting melatih perkembangan otak dan motoriknya.

Seiring berkembangnya zaman, kesadaran orangtua untuk mengajarkan hidup sehat kepada buah hatinya pun meningkat. Kini lebih banyak orangtua yang mengikutkan anak ke tempat bermain, aktivitas outbound dan berusaha mengolah sendiri makanan sehat demi keluarga.

Namun perlu diakui, membiasakan anak agar hidup sehat bukanlah tugas yang mudah. Di sinilah tantangan bagi para orangtua.

“Anak belum bisa memilih secara mandiri makanan dan aktivitas seperti apa yang bisa berkontribusi baik pada kesehatannya,” tutur Psikolog Anak Citra Annisya, M.Psi., saat konferensi pers HiLo School Drawing Competition 2016 di Chatterbox Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2016).

Apa saja gaya hidup sehat yang penting diterapkan sejak dini?

1. Menjaga Kebersihan Diri
Menjaga kebersihan tak hanya soal mandi, gosok gigi dan cuci tangan. Tapi juga kesadaran anak untuk membereskan barang2 setelah bermain atau kemauan cuci tangan dan kaki setelah bermain.

“Anak-anak cenderung berantakan. Suruh bersih susah. Jadi dari kandungan sudah harus dibiasakan. Kebiasaan bersih sudah bisa ditanamkan sejak anak di bawah usia dua tahun,” terang Citra.

2. Makan Sehat
Makanan yang bernutrisi tinggi sangat penting untuk dikonsumsi anak sehari-hari. Gizi yang lengkap akan memengaruhi tumbuh kembang anak.

“Nutrisi lengkap penting untuk menjaga berat badan anak agar tetap proporsional,” ujar Citra.

3. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik seperti olahraga atau bermain di luar ruangan perlu dilakukan secara rutin. Untuk anak usia 1-5 tahun, idealnya aktivitas fisik dilakukan tiga jam sehari tapi dalam waktu yang terpecah. Tidak sekaligus selama tiga jam.

“Olahraga bisa menurunkan tingkat stres anak, meningkatkan fokus dan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari karena energinya sudah terkuras di siang harinya,” jelasnya.

Citra menambahkan dengan menjalani gaya hidup sehat sejak dini, maka daya tahan tubuhnya terhadap penyakit juga tinggi. Anak tak mudah terkena virus maupun penyakit diare.

“Selain itu juga menurunkan risiko obesitas, hipertensi dan diabetes saat dewasa,” tambahnya. (hst/ami)

 Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2016/06/15/071034/3233525/857/ini-pentingnya-mengajarkan-gaya-hidup-sehat-pada-anak-sejak-dini

b467a291-b909-4fec-a258-9975a35a48c0