Sudah Benarkah IP Google.co.id yang anda Gunakan ?

Dengan banyaknya kontes-kontes SEO di Indonesia terutama di tahun 2011 ini yang dimana didalam kontes penilaiannya adalah posisi keyword di dalam mesin pencari Google. Berhubung kita berdomisili di Indonesia jadi yang menjadi patokannya adalah tentu saja www.google.co.id.

Nah yang menjadi masalah adalah berapa sich IP addres yang benar untuk www.google.co.id sebab karena google di gunakan diseluruh dunia secara otomatis IP addres di tiap negara juga berbeda-beda dan ini tentu saja menghasilkan pencarian yang berbeda-beda pula.

Ok Jangan bingung lebih dulu sebab saya juga sebenarnya agak sedikit bingung dengan IP addres ini, jadi daripada kita sama-sama bingung ada baiknya kita bahas bersama-sama.

Langkah paling dasar dalam melihat sebuah IP addres adalah dengan melakukan Ping sebuah alamat website melalui CMD ( untuk membuka cmd caranya masuk ke Command Prompt klik Start – All Program – Accessoris – Command Prompt ato Start – Run ketik “cmd” )

disitu kita bisa melakukan ping untuk sebuah alamat web, disini kita ingin melihat IP www.google.co.id

Nah dengan cara ping ini kita bisa melihat koneksi kita untuk sampai ke www.google.co.id, syaratnya tentu saja harus terkoneksi dengan internet.

Disinilah masalah mulai timbul, karena berdasarkan pengalaman pribadi akibat sering ganti-ganti komputer >.< maksudnya sering online diberbagai macam tempat seperti di warnet-warnet hasil dari Ping IP diatas juga berbeda-beda.

Dan anehnya lagi semua memang menuju ke Google Indonesia, coba mari kita bersama-sama mengecek di browser kita masing-masing berdasarkan IP address berikut ini.

  1. 209.85.175.105
  2. 74.125.235.20
  3. 74.125.235.17
  4. 209.85.175.106
Berhubung Blog Community kita sedang mengadakan Lomba Blog Kontes mari kita sama-sama mengecek. Semua IP diatas adalah IP nya google dan menurut hasil pencarian saya yaitu :
  • pencarian berdasarkan IP 209.85.175.105
  • Pencarian Berdasarkan IP 74.125.235.20
  • Pencarian Berdasarkan IP 74.125.235.17
  • Pencarian Berdasarkan IP 209.85.175.106
Sebagai Tambahan sekarang kita mencari dengan langsung memasukkan www.google.co.id dan hasilnya :

Semakin penasaran dengan hasilnya sekarang saya mencoba mengetik www.google.com tetapi ketika di enter halaman langsung di direct ke www.google.co.id.

Wah semakin bingung kan apalagi hasil pencariannya menunjukan hasil yang berbeda. Bingung kan ? sama donk, tapi jangan menyerah mari kita tanya langsung ke sumbernya siapa lagi kalau bukan Google sendiri.

Setelah mencari-cari di halaman google baik itu di bantuan pencarian maupun di support webmaster saya tidak menemukan jawabannya. Lantas Bagaimana ? setelah agak lama membongkar tasnya si google nih, maklum isinya dah kebanyakan tuh google, satu-satunya cara adalah dengan menambahkan identitas daerah dari tempat kita melakukan koneksi internet, maksudnya kalau kita di Indonesia ya tentu saja menggunakan /id atau kalau kita di thailand dengan menambahkan /th.

Jadi pada akhir alamat IP addres diatas ditambahkan /webhp?hl=id kenapa bisa demikian ? setelah mencari-cari lagi di google ( tentu saja dengan menggunakan bantuan translate ) Google melakukan pelacakan / hasil pencarian dengan menggunakan server cluster yang rumit, sehingga posisi server sebenarnya sulit dideteksi ( sumber 1 dan wiki )

Jadi dengan demikian bisa saja hasil pencarian yang ditimbulkan bisa berbeda-beda, maka dari itu dibutuhkan penyeragaman berdasarkan lokasi pencarian seperti diatas.

Buat teman-teman jika ada yang lebih paham dan mengerti silahkan berbagi informasi disini ya, karena sebenarnya bagaimana cara google mencari, mengindeks dan menampilkan halaman kita pada mesin pencarinya hanya google sendiri yang mengerti.