Jabar ‘juara umum’ pelanggaran kebebasan beragama

jabar

Sepanjang tahun 2012 ini, Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah yang paling banyak terdapat kasus Kebebasan Beragama dan Intoleransi. Hal demikian berdasarkan catatan akhir tahun The Wahid Institute.

Berdasarkan catatan, sepanjang tahun 2012 ini, terdapat 274 kasus pelanggaran dengan total 363 tindakan meletus di sejumlah provinsi di Tanah Air.

“Provinsi paling banyak membukukan kasus pelanggaran, masih tak berubah dari tahun lalu. Jawa Barat tetap jadi ‘sang juara’ dengan 43 kasus,” ujar Direktur Eksekutif The Wahid Institute Yenni Wahid, dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Jumat (28/12/2012).

Menurutnya, angka itu disusul Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dengan 22 kasus, dan Jawa Tengah serta Jawa Timur yang masing-masing mengantongi 12 kasus.

“Wajah kebebasan beragama berkeyakinan makin bopeng. Inilah kesimpulan utama Laporan Akhir Kebebasan Beragama dan Intoleransi 2012 yang dirilis The Wahid Institute,” jelasnya.

The Wahid Institute sendiri terbentuk sekira tahun 2008. Lembaga tersebut didirikan demi meneruskan ide dan perjuangan KH Abdurrahman Wahid yang mengedepankan toleransi kehidupan beragama.

Bekerjasama dengan sejumlah organisasi lokal, the Wahid Institute mendata kasus-kasus yang terjadi setiap bulannya, termasuk juga mendata perkembangan regulasi keagamaan, baik di tingkat nasional maupun lokal.

 

sumber : http://nasional.sindonews.com/read/701737/15/jabar-juara-umum-pelanggaran-kebebasan-beragama-1356714820