Kisruh Pencairan Deposito Elnusa, BI Panggil Bank Mega

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memanggil manajemen PT Bank Mega Tbk (Bank Mega) untuk dimintai keterangan mengenai masalah pencairan deposito PT Elnusa Tbk (ELSA).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pemanggilan manajemen Bank Mega dijadwalkan pada hari ini Senin (25/4/2011).

“Iya, betul. Manajemen Bank Mega dipanggil oleh BI hari ini,” ujar Difi ketika dikonfirmasi detikFinance di Jakarta, Senin (25/4/2011).

Difi menjelaskan, maksud pemanggilan tersebut terkait laporan Bank Mega pada 21 April 2011 lalu terkait kisruh pencairan dana rekening ELSA.

“Jadi pertama akan dimintai keterangan lebih dahulu. Mengenai permasalahan pencairan deposito yang ramai diberitakan,” kata Difi.

Difi menambahkan, pihak Kepolisian juga sudah bekerja sama dengan BI pada pekan kemarin.

“Jadi sekarang kita minta bank Mega menjelaskan sistem prosedur mereka dan kronologi kasus ini secara lengkap,” tukasnya.

Seperti diketahui, Manajemen ELSA mengungkapkan ada pencairan deposito berjangka miliknya di Bank Mega tanpa sepengetahuan manajemen Elnusa. Dugaan sementara, ada oknum ‘dalam’ Elnusa, yakni Direktur Keuangan Santun Nainggolan yang mencairkan dana melalui bantuan orang dalam Bank Mega.

Bank Mega sendiri menegaskan telah menjalankan prosedur yang berlaku terkait pencairan rekening deposito milik Elnusa. Bank Mega justru menuding kasus pembobolan tersebut dilakukan oleh Direktur Keuangan ELSA sendiri tanpa bantuan oknum pegawai bank.

Sumber : Detik

Lintasberita & Tutorialblogging