Klasemen MotoGP, Marquez tercecer

Jakarta (ANTARA News) – Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, berhasil menjuarai balap motor MotoGP Italia pada Minggu malam, sementara juara dunia tahun lalu dan dua tahun berturut-turut, Marc Marquez, justru gagal mengakhir lomba.Menurut laman MotoGP yang dikutip Senin pagi, hasil ini membuat Lorenzo yang memulai lomba dari urutan kedua, makin memperkecil jarak dengan pimpinan klasemen sementara MotoGP, Valentino  Rossi. Rossi, rekan satu tim Lorenzo di Movistar Yamaha MotoGP, berhasil naik podium di urutan ketiga setelah memulai balapan dari urutan kedelapan.

Dengan menjadi juara di Sirkuit Mugello, Lorenzo yang merupakan juara dunia 2010 dan 2012 ini, mendapat nilai 25 poin sehingga kini totalnya menjadi 112 poin atau hanya tertinggal enam poin dibanding Rossi dengan 118 poin. Sebelumnya, Lorenzo tertinggal 12 poin.

Kemenangan Lorenzo di Italia adalah kemenangan ketiga berturut-turut setelah sebelumnya juga menjuarai balapan di Spanyol dan Prancis, dari enam balapan yang telah dilakukan.

Sementara itu pembalap Ducati Team, Andrea Iannone, yang memulai balapan dari urutan pertama, menduduki urutan kedua balapan di Italia. Ini adalah podium kedua baginya setelah mengikuti MotoGP sejak 2013.

Namun hasil ini sudah cukup bagi pebalap Italia ini untuk naik peringkat klasemen sementara dari urutan kelima menjadi keempat menggeser Marc Marquez yang tidak tuntas mengikuti lomba.

Iannone kini mengoleksi nilai 81 atau unggul 12 poin dibanding Marquez. Ionnone juga hanya tinggal berjarak dua poin dibanding urutan ketiga yang juga rekan satu timnya Andrea Dovizioso. Dovizioso juga tidak dapat mengakhiri lomba.

Sementara itu pebalap termuda yang memenangi titel juara dunia dua kali secara beruntun, Marquez, memperoleh hasil buruk di Italia. Pebalap Honda ini memulai balapan dari urutan ke-13 karena hasil yang buruk saat kualifikasi, atau hasil kualifikasi terburuk yang dicapainya di balapan MotoGP. (Baca: Kualifikasi MotoGP Italia)

Namun di awal lomba, pebalap Spanyol berusia 22 tahun ini, menunjukan kinerja yang baik karena bisa menyerobot hingga urutan ketiga bahkan kedua. Namun setelah saling susul dengan Iannone, Marquez terjatuh di putaran ke-18 atau saat balapan tinggal enam putaran lagi, dan tidak melanjutkan balapan.

Hasil ini membuat posisi Marquez di klasemen sementara turun dari sebelumnya keempat menjadi kelima digeser oleh Iannone.

Dengan hasil di Italia, dari enam kali lomba tahun 2015, Marquez tercatat dua kali tidak mampu finis setelah yang pertama saat balapan di Argentina. Ia baru satu kali menjadi juara pertama yakni saat mengikuti balapan kedua di Amerika.

Klasemen sementara

Pos. Pebalap Motor Negara Nilai
1 Valentino ROSSI Yamaha ITA 118
2 Jorge LORENZO Yamaha SPA 112
3 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 83
4 Andrea IANNONE Ducati ITA 81
5 Marc MARQUEZ Honda SPA 69
6 Bradley SMITH Yamaha GBR 57
7 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 47
8 Pol ESPARGARO Yamaha SPA 45
9 Maverick VIÑALES Suzuki SPA 36
10 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 32
11 Aleix ESPARGARO Suzuki SPA 31
12 Yonny HERNANDEZ Ducati COL 26
13 Dani PEDROSA Honda SPA 23
14 Scott REDDING Honda GBR 18
15 Hector BARBERA Ducati SPA 16
16 Loris BAZ Yamaha Forward FRA 10
17 Michele PIRRO Ducati ITA 8
18 Nicky HAYDEN Honda USA 8
19 Jack MILLER Honda AUS 6
20 Hiroshi AOYAMA Honda JPN 5
21 Alvaro BAUTISTA Aprilia SPA 5
22 Eugene LAVERTY Honda IRL 3
23 Stefan BRADL Yamaha Forward GER 1

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/499120/klasemen-motogp-marquez-tercecer

Download dalam bentuk PDF klik >>> Klasemen MotoGP, Marquez tercecer