Menyisipkan Link dalam Postingan

Apa itu link atau hyperlink atau tautan? bagaimana cara membuat link di postingan blog ? silahkan baca ulasan lengkapnya pada tutorial dibawah ini.

Link atau hyperlink atau dalam bahasa Indonesia tautan adalah suatu tulisan atau gambar yang disambungkan atau di hubungkan dengan halaman lain, baik itu masih dalam satu website/blog atau dengan website/blog yang lain. Contoh sebuah link dari tulisan atau teks : Lintas Berita adalah sebuah blog dari Blog UMY Community

Keberadaan link sangatlah penting peranannya untuk sebuah blog atau website, tidak hanya sebatas menghubungkan antar halaman atau website, namun erat kaitannya dengan SEO ( pengoptimalan untuk search engine ), oleh karenanya mengetahui secara benar bagaimana membuat link yang baik dan benar sangatlah penting.

Membuat link pada postingan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan alamat URL halaman website/blog yang akan di link, baik itu halaman depan atau halaman posting maupun halaman page.

Belum tahu tentang alamat URL ? caranya mudah, apabila anda sedang mengunjungi suatu blog atau membaca artikel website orang lain atau artikel blog anda sendiri, alihkan perhatian ke bagian address bar browser internet anda yang terletak dibagian atas, maka itulah alamat URL nya. Contoh alamat salah satu postingan dari blog ini : http://blog.umy.ac.id/lintasberita/cara-posting-artikel.html

Tentunya sekarang anda sudah menyiapkan alamat URL yang akan di pasang bukan? berikut adalah bagaimana langkah-langkah untuk membuat link pada postingan :

  • Dianggap anda sedang membuat sebuah artikel. Jika anda masih kurang faham tentang bagaimana cara membuat artikel / postingan di blog anda, silahkan untuk membaca tutorial tentang  Cara Posting Artikel
  • Berilah tanda pada tulisan yang ingin di ubah menjadi link.

  • Klik tool untuk membuat link

    • Akan muncul kotak opsi yang harus anda isi :
        1. Link URL : isi dengan alamat URL yang anda persiapkan tadi.
        2. Title : Tuliskan judul yang kira-kira sesuai dengan link yang di buat, usahakan semenarik dan seinformatif mungkin, karena ini berpengaruh juga terhadap SEO.
        3. Opsi pemilihan dalam membuka link.
        4. Or Link to existing content : mengambil URL dalam directory blog kita.

    • Akhiri dengan meng klik UPDATE
    • Kini tulisan yang anda inginkan telah menjadi link, ulangi langkah diatas untuk tulisan yang lain apabila di perlukan.
    • Jika sudah yakin, tinggal di Publish saja artikel anda tersebut.

Membuat link dalam satu postingan jumlahnya boleh lebih dari satu link, namun janganlah terlalu banyak, idealnya cukup 3 buah link saja. Terlalu banyak membubuhkan link dikhawatirkan bisa dianggap melakukan spam (hal yang melanggar aturan) oleh mesin pencari, dan tentunya kita tidak menginginkan akan hal tersebut.

Membuat link yang baik adalah pada tulisan atau teks yang masih berhubungan dengan halaman link yang di tuju, contoh apabila halaman yang dituju adalah tentang Cara Verifikasi Blog di Google, maka sebaiknya tulisan yang dibuat link mengandung unsur kata cara verifikasi blog di google  atau minimal ada kata verifikasi blog.

Menurut ilmu SEO, membuat link dari satu artikel ke artikel yang lain dari blog anda adalah hal yang sangat baik, oleh karenanya lakukanlah hal tersebut, namun tetap dalam batas kewajaran.

Mau Artikel ini dalam bentuk .doc download aja disini