Mempetakan Pengunjung Blog dengan E-Referrer

Sekedar berbagi sedikit tentang e-referrer. E-Referrer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan widget pencatat lalu lintas sebuah blog / web yang lain seperti Hi-Stat, Feedjit dll. Yang membedakan di e-referrer adalah kita bisa mengetahui dari mana asalnya traffic atau pengunjung blog kita berasal jika melalui mesin pencari / search engine.

Fungsi utamanya widget ini bukan sebagai pencatat jumlah traffic tetapi lebih kepada darimana datangnya traffic tersebut. Dengan widget ini kita bisa menilai sendiri dan mengevaluasi tentang blog / web kita sendiri. Sebab e-referrer ini kita bisa mengetahui darimana asal pengunjung blog kita, kita juga bisa mengetahui Tag / Keyword apa saja yang mereka cari di Mesin Pencari yang akhirnya mengarah kepada blog kita. Dan dari tag / keyword tersebut kita bisa mengoptimalkan tag-tag yang selama ini kita buat.

Sebagai contoh berdasarkan pengalaman pribadi saya, kebanyakan traffic blog ini berasal dari kata kuci / tag ” UMY ” nah dari keyword itu saya buat beberapa postingan lagi tentang UMY dan tentu saja saya menambahkan beberapa tag yang berkaitan dengan UMY seperti penerimaan mahasiswa baru UMY dan lain2.

Dan hasilnya lumayan juga diantara yang menggunakan subdomain blog.umy.ac.id blog saya ini bisa nangkring / menempati halaman pertama di yahoo.co.id dengan keyword ” UMY “. Sedangkan untuk Google sendiri blog ini hanya sedikit yang bisa masuk halaman pertama dari keyword yang sedikit berbobot ( antara 1 sampai 3 juta pesaing tag ) seperti ” jual backlink¬† “ dan ” beli backlink “., Lumayanlah untuk ukuran sebuah blog yang berumur 4 bulan dan hanya menggunakan subdomain seperti ini.

Dari widget ini juga kita bisa tau berbagai macam hal tambahan seperti Search Engine apa yang rata-rata banyak dipakai orang tapi untuk yang satu ini saya sendiri juga heran, banyak pengunjung yang datang ke blog saya dari Google sedangkan untuk Yahoo dan Bing serta yang lainnya sangat sedikit sekali.

Memang traffic sebuah blog / web itu bisa sedikit kita arahkan pada sebuah keyword atau url tertentu, tetapi tidak ada salahnya juga kita bisa mengerti terlebih dahulu apa sich yang sebenarnya mereka cari dari blog kita.

Jadi jika ada yang ingin mencobanya silahkan langsung saja daftar langsung disini e-referrer prosesnya mudah kok dan tidak sulit, jadi silahkan saja dicoba sendiri.

Lintasberita