Menguji Kekuatan dan Ketahanan Fisik Barca

Barcelona adalah tim yang luar biasa. Namun ada satu hal yang patut dicermati yakni pelatih Josep Guardiola jarang melakukan rotasi pemain. Kekuatan dan ketahanan fisik Lionel Messi dkk diuji di final.

Bila disebut nama Barcelona maka citra yang langsung melekat adalah tim yang tampil atraktif, memperagakan sepakbola menyerang, dan bermaterikan talenta pemain yang luar biasa.

Soal kualitas individual, tidak perlu ditanya lagi. Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, David Villa, Carles Puyol dan pemain lainnya sudah membuktikan skill mereka masing-masing.

Namun begitu satu hal yang patut menjadi perhatian adalah pelatih Barca Josep Guardiola jarang melakukan rotasi. Andai menurunkan tim kedua, itu hanya dalam laga-laga yang tak menentukan lagi.

Statistik dari Soccernet menunjukkan bahwa ada delapan pemain yang mencatat total penampilan sebagai starter 40 kali atau lebih di musim ini.

Mereka adalah Dani Alves (47), David Villa (47), Gerard Pique (46), Lionel Messi (46), Andres Iniesta (45), Xavi (45), Victor Valdes (42) dan Sergio Busquets (40).

“Hal yang luar biasa dari Barcelona adalah mereka sangat jarang mengganti susunan pemain. Ini jelas fantastis bila kita mempertimbangkan banyaknya pertandingan yang dimainkan saat ini,” kata manajer MU Sir Alex Ferguson dikutip dari Telegraph.

Saat kalah dari Arsenal 1-2 di Emirates dalam laga 16 besar Liga Champions, The Catalans. tampak kedodoran di 20 menit terakhir pertandingan.

“Kami memiliki pengalaman menghadapi Barcelona. Kami mengalahkan mereka di semifinal dan kemudian kami juga sempat kalah dari mereka di final beberapa tahun lalu,” tandas Sir Alex.

“Yang jelas bukan strategi bagus bila kita menunjukkan rasa gentar terkait kualitas Barca. Saya pikir itu bukan cara kami,” pungkas dia.

Lintasberita from Detik