Minta Suporter Perusuh Ditindak, Menpora: Tak Boleh Ada Pandang Bulu

796718c5-1173-4102-b520-3ac43c0304fd_43

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta agar pelaku rusuh di laga Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 ditindak tegas. Dia bilang tidak boleh ada pandang bulu pada pelanggaran hukum.Kerusuhan suporter di laga TSC terjadi saat laga antara Persegres Gresik United melawan PS TNI, Minggu (22/5/2016) akhir pekan lalu. Akibatnya, sekitar 50-an suporter mengalami luka-luka hingga bocor di kepalanya.

PT Gelora Trisula Semesta (GTS), selaku operator kompetisi, telah menggelar kunjungannya langsung ke Stadion Petrokimia sekaligus mencari tahu kronologis yang sebenarnya. Rencananya, Komisi disiplin PT GTS akan memutuskan hukumannya dalam sidang yang diadakan hari ini, Kamis (26/5).

“Kami sudah me-warning operator agar bertindak tegas lakukan semua upaya. Harus ada aparat hukum yang bertindak cepat, tangkap tangan. Satu kelemahan di sepakbola kita adalah bilamana belum ada pengaduan dari panpel, maka aparat hukum tidak bisa bertindak,” ujar Menpora di sela-sela acara Invistasi Sepakbola Antar Forum Wartawan, Senayan, Jakarta.

Menpora juga menilai apapun tindakan yang sudah mengarah kepada kekerasan, pemukulan, harus dibawa ke ranah hukum, tanpa memandang bulu siapapun, meski ada suporter dari aparat negara, TNI.

“Apapun yang mengarah kekerasan, pemukulan, apalagi bisa dilihat dengan mata kepala. Silakan lebih baik di ranah hukum. Tidak boleh ada pelecehan terhadap pemain, wasit, dan suporter. Tidak boleh memandang bulu, siapapun yang melanggar hukum harus ditindak,” katanya.

Pria asal Bangkalan, Jawa Timur ini juga berharap ke depannya, tidak lagi kejadian serupa. Dengan tak lagi dibekukan, Menpora ingin PSSI bisa menyatukan semua suporter klub-klub Indonesia.

“Sekarang ‘kan PSSI pembekuannya sudah dicabut, silakan PSSI yang urus. Kalau PSSI minta (bantuan) kepada kami, akan kami membantu,” tegasnya.

(ads/cas)

Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2016/05/26/161759/3218614/76/minta-suporter-perusuh-ditindak-menpora-tak-boleh-ada-pandang-bulu