‘Ngunduh’ Hemat Ala Paket Internet Smartfren

‘Ngunduh’ Hemat Ala Paket Internet Smartfren

Kalau bicara soal internet, terutama untuk urusan download aku biasa menggunakan paket internet Smartfren yang 12GB/Rp 10.000, sementara browsing biasa menggunakan Telkomsel. Bisa dibilang paket yang ditawarkan operator CDMA yang satu ini paling ramah buat downloader. Bukannya apa, jika dibandingkan dengan operator lain, paket internetnya Smartfren tergolong lebih terjangkau dan bisa dibilang “tidak pelit” karena memberikan volume data yang besar. Jika tidak percaya ada paket internet dari Smartfren yang dibanderol Rp 10.000 untuk volume data 12GB, cek saja paket internet Smartfren di KolomGadget.com.

 ‘Ngunduh’ Hemat Ala Paket Internet Smartfren

Kita tentu merasa kalau internet sudah menjadi kebutuhan primer sekarang ini. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi apa saja. Beberapa aktifitas di internet seperti browsing, chatting, hingga download dan upload bisa kita lakukan di internet. Namun untuk download kita tentu membutuhkan paket internet yang menyajikan volume data yang besar. Itulah kenapa aku milih Smartfren. Operator ini menjadi SIM yang harus selalu ku pakai kalau antrian dalam IDM sudah cukup banyak.

Kalau urusan browsing aku pilih operator Telkomsel, paket internet bulanan dari Simpati Groovy yang 4GB/Rp 87.500/30 hari full time alias tidak dibatasi waktu. Kenapa? Bukannya operator lain tidak punya paket yang lebih murah, cuma di daerahku untuk operator GSM yang sudah tersedia jaringan 3G cuma Telkomsel saja. Kalau ada operator lain yang sudah menyajikan 3G di daerahku juga aku pasti akan berpindah ke lain hati.

Sementara soal download, aku pilih internet Smartfren. Alasannya, Smartfren berani ngasih paket internet malam sebesar 12GB hanya seharga Rp 10.000 saja. Sebenarnya tidak bener-bener seharga Rp 10 ribu, kita harus beli paket internet Connex Volume Based dulu minimal Rp 50.000, setelahnya kita baru bisa beli paket internet malam 12GB hanya Rp 10.000.

Kalau ditanya “buat apa make paket internet malam? Kayak kalong aja begadang malam-malam.” Memang benar sih, tapi karena cuma buat download, biasanya aku pakai fitur “Queue” yang ada di Internet Download Manager. Jadi sementara laptop mendownload, laptop biasa ku biarkan menyala sambil mendownload. Atur supaya jika sudah selesai download laptop shutdown sendiri.

Jangkauan jaringan Smartfren sebenarnya tidak terlalu luas dan di daerahku juga sinyalnya tidak kuat, tapi setelah kupasang antena Yagi, modemku akhirnya bisa mendapatkan sinyal EVDO. Selain paket internet malam, Smartfren juga memberikan paket internet lain. Paket lengkapnya baca saja di KolomGadget.com.