Asli apa Palsu ?

Pernah dengar kan istilah spam dan hoax. Beberapa orang masih bingung membedakan antara spam dan hoax. Gampangnya, spam adalah email yang berisi iklan suatu produk/website tertentu dimana kita tidak menginginkan menerima email tersebut, keterangan lengkap bisa dilihat di wikipedia. Sementara itu, hoax adalah berita bohong atau berita palsu yang beredar di dunia maya atau internet.

Hoax beredar di mana saja : email, blog, bulletin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS. Bisa dibayangkan bukan jika internet disesaki oleh hal-hal seperti ini?

Sebelum dapat membedakan hoax dan bukan, mari kita belajar membuat hoax.

Langkah-langkah membuat hoax.


– Pilih topik yang unik

Tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Coba yang sepele dulu, tapi setiap hari digunakan orang, misalnya “mouse”.

– Cari ” masalah “

Carilah yang kira-kira akan membuat orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan teman-temannya. Misalnya:

“Penggunaan optical mouse dapat menimbulkan Kanker”

– Gunakan istilah-istilah ilmiah

Usahakan yang sudah diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa berikan data-data berupa angka.

“Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone.

Telah diketahui secara luas bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut laporan WHO radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerusoleh pemakai komputer.

Pengaruh radiasi dari mouse lebih terasa pada produk-produk berkualitas rendah, karena produk-produk yang bagus memiliki shield(pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan. ”

– Tambahkan alamat kantor berita di internet

“WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan di kantornya, sementara Microsoft dan IBM mengucurkan dana sekitar 2milyar dolar untuk kerjasama pembuatan pointing device yang lebih aman.

Industri-industri hardware terbesar di cina dan taiwan berusaha menutup-nutupi hal ini. Jika diperhatikan, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran saat ini diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.”

– Berikan solusi yang tidak kalah anehnya.

“Untuk itu, cobalah memegang mouse hanya di saat diperlukan saja. Berlatihlah menggunakan
Hotkey (Ctrl-C, Ctrl-V untuk kopi paste). Kembalilah menggunakan mouse model lama (bola)”.

– Tambahkan kata-kata ajaib

“Sekedar untuk berjaga-jaga, seorang temanku sudah kena 2 hari yang lalu. Tolong teruskan ke orang-orang yang anda sayangi”.

*hihihi*

– Berikan efek forward.

Agar seolah-olah email ini didapat dari kalangan eksklusif, atau dari milis yang berkaitan, beri efek forward pada judul email

“Fwd:[milis- kesehatan]Mouse Optical dapat menyebabkan kanker (PENTING!!!) “.

Gampang ? Tentu Saja

Dari uraian diatas semoga bisa terlihat betapa mudahnya orang membuat hoax di internet. Oleh karena itu, setelah dapat membuat hoax sendiri seperti di atas, kita dapat membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar. Semakin banyak orang yang bisa mengerti ciri-ciri hoax, semakin sedikit sampah yang akan beredar di internet.

Bagaimana memeriksa apakah suatu berita itu Hoax atau bukan?

1. Gunakan logika saja.

misalnya
“forward berita ini sebagai tanda bahwa account anda aktif, karena facebook terlalu penuh dan akan menutup account yang tidak aktif”.
Yang benar saja gitu loh,dengan satu query di database saja sudah kelihatan kapan suatu account terakhir login, lagipula mana ada online industry yang menutup kliennya dengan semena-mena.

2. Jika ada link, coba cari di link tersebut

3. Tanyakan pada rekan yang lebih memahami hal ini

4. Tanya paman google atau bibi yahoo

Dalam urutan ‘penyampah internet’,  hoax berada setingkat lebih tinggi daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-anaknya atau istri-istrinya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak)

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industri yang berkaitan mengalami kerugian karena produknya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca hoax tersebut.

Ketahuilah, hanya oportunis yang membuat hoax dan menyebarkannya, dan hanya karena ketidaktahuan, kita memforwardnya. Selamatkan internet dari sampah berbahaya, sebarkan informasi ini sebagai masukan informasi pada teman-teman yang anda sayangi.

Disalin kembali oleh Lintasberita