Perbedaan Kontes SEO dan Kontes Blog ????

Tahun 2011 ini bisa dibilang merupakan tahun yang paling banyak diadakannya Kontes SEO maupun Kontes Blog. Banyak para blogger maupun para webmaster ikut dalam berbagai lomba Kontes SEO, salah satu faktor yang membuat mereka tertarik untuk ikut adalah apalagi selain hadiahnya yang sangat menggiurkan.

Sebenarnya apa sih kontes SEO atau Kontes Blog tersebut. Disini saya akan sedikit menyampaikan pendapat pribadi saya tentang Kontes SEO dan Kontes Blog karena saya secara pribadi menganggap Kontes Blog dan Kontes SEO tidak bisa disama artikan. Ada perbedaan-perbedaan mendasar yang menjadi penyebabnya.

Apa sich Kontes SEO tuh ? Menurut sejarahnya Kontes SEO pertama kali diadakan di Jerman oleh German Webmaster dengan kata kunci Schnitzelmitkartoffelsalat, dimulai pada 15 November 2002 dalam Bahasa jerman Usenet Group, Dalam Bahasa inggris kompetisi nigritude ultramarine oleh SearchGuild secara garis besar mengklaim sebagai induk dari seluruh kontes SEO, kontes ini dimulai pada 7 Mei 2004 dan dua tahun lalu dimenangkan oleh Anil Dash.

Dalam prosesnya saat ini para penyelenggara Kontes SEO menentukan terlebih dahulu tema yang akan dilombakan dan menentukan search engine yang akan digunakan. Tema tersebut atau yang bisa dikatakan sebagai ” keyword ” biasanya mempresentasikan sebuah produk maupun usaha dari penyelenggaranya. Dengan melombakan sebuah keyword tertentu pihak penyelenggara tentu mengharapkan adanya manfaat yang bisa diperoleh dari Kontes SEO tersebut, bentuk manfaatnya tentu banyak sekali salah satu contohnya adalah : banyaknya traffic yang diperoleh kesitus mereka dengan traffic yang banyak tentunya kemungkinan produk mereka terjual menjadi lebih tinggi. Keyword tersebut sebelumnya telah dianalisa terlebih dahulu oleh pihak penyelenggara.

Pemenang Kontes SEO dengan menentukan sebuah keyword tertentu dilihat berdasarkan peringkat tertinggi dari sebuah search engine. Dalam kontes seo ini para peserta bebas melakukan beberapa trik-trik SEO baik itu yang White SEO seperti mengoptimasi situs dengan membuat meta tag description, meta tag keywords, dan sitemap atau dalam Bahasa indonesia dikenal dengan nama peta situs.

Webmaster juga boleh menggunakan cara-cara Black SEO seperti spam, menyembunyikan sebuah kalimat dihalaman situs mereka dengan cara menyamakan warna kalimat dibuat dengan warna situs mereka, menambahkan meta tag keywords secara berlebihan, redirect halaman, memasukan hidden input, link farm, metode ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Resiko dari cara-cara ini adalah apabila mesin pencari mendeteksi kecurangan ini pada situs terkait maka mesin pencari akan segera memblokir situs terkait, dengan cara menghilangkan situs ini dari setiap hasil pencarian mesin pencari.

Dalam Kontes SEO pihak penyelenggara juga tidak begitu mempedulikan tentang berapa jumlah link yang diperoleh sebuah situs tersebut berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.

Nah sedangkan Kontes Blog menurut saya adalah sebuah kontes yang lebih mementingkan kemampuan para pesertanya. Dari faktor penilaiannya juga Kontes Blog tidak hanya berdasarkan sebuah Keyword saja. Dalam Kontes Blog biasanya lebih mementingkan kualitas dari sebuah situs baik itu berupa konten yang berkaitan dengan Kontes Blog maupun link dari situs tersebut. Hadiah yang ditawarkan dalam kontes blog juga biasanya tidak sebesar yang ditawarkan pada kontes-kontes SEO.

Kontes Blog biasanya sering diadakan oleh Komunitas-komunitas Blogger, kontes blog tersebut biasanya mengangkat sebuah tema tertentu dan para pesertanya biasanya membuat sebuah tulisan maupun review dari tema yang telah ditentukan tersebut. Hadiah yang ditawarkan memang tidak besar bahkan kalau dibilang tidak seberapa bahkan sering Kontes Blog hanya berhadiah sebuah Buku. Tapi dalam Kontes-kontes seperti ini ada tantangan tersendiri dibandingkan dengan Kontes SEO.

Untuk UMY sendiri saat ini juga sedang mengadakan Lomba Blog Kontes yang ke 4, kenapa UMY tidak memilih menggunakan nama Kontes SEO Blog UMY ? karena pada dasarnya Community Blog UMY diadakan untuk meningkatkan minat menulis bagi seluruh civitas akademik UMY, memang pada Lomba kali ini ditambahkan 1 faktor penilaian yaitu Posisi Keyword ” Universitas Terbaik ” pada search engine.