Polisi Sita Ribuan Sepatu Nike Palsu dari Lapak di Jaksel dan Tahan 2 Tersangka

Jakarta – Polres Metro Jakarta Selatan membongkar jaringan penjualan sepatu merek Nike palsu di Jakarta. Ribuan sepatu yang disita merupakan produk China.

“Polres Metro Jaksel mengamankan tersangka kasus yang menjual ribuan pasang tiruan sepatu Nike,” ujar Kapolres Jakarta Selatan Kombes Tubagus Ade di Mapolres Jaksel, Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2016).

Jaringan penjualan speatu ini terbongkar setelah polisi menangkap dua tersangka berinisal J dan S pada Senin (23/5) malam. Keduanya ditangkap di kawasan Jakarta Selatan. Berrdasarkan pemeriksaan sementara, keduanya mendapatkan sepatu itu dari Guangzhou, China.

61018ce6-b5a1-4c87-bc6d-a453c78e363e_169

“Sepatu itu masuk ke Jakarta dan dijual di empat toko di kawasan Jakarta Selatan,” terangnya.

Berdasarkan perhitungan polisi, terdapat 2.126 pasang yang terdiri dari sepatu olahraga pria dan wanita, sepatu basket, dan sepatu lari. Sepatu itu dijual dengan harga sangat miring.

“Kalau harga aslinya Rp 1 juta hingga Rp 3 juta maka ini dijual di bawah harga standar dengan harga Rp 275 ribu hingga Rp 800 ribu,” kata Ade.

Kedua tersangka memesan langsung sepatu palsu ini ke Guangzhou atau lewat online yang dikirimkan lewat ekspedisi. Ade mengatakan berdasarkan keterangan saksi ahli bahwa ada perbedaan mendasar antara sepatu asli dan palsu.

“Perbedaanya pada bahan kualitas rendah dan pada label. Nike asli lebel akan terdaftar sedangkan palsu cuman nomor tiruan,” jelasnya.

Hingga saaat ini kedua tersangka masih dalam pemeriksaan penyidik di Mapolres Jaksel. Ade menyebut pelapor dalam kasus ini adalah pemilik merek dagang asli yaitu pihak Nike.
(tfq/ndr)

Sumber : http://news.detik.com/berita/3216781/polisi-sita-ribuan-sepatu-nike-palsu-dari-lapak-di-jaksel-dan-tahan-2-tersangka