Profesor Korea Minta SBY Naikkan Gaji Pejabat Negara

Untuk memperbaiki sektor birokrasi sehingga iklim investasi dalam negeri membaik, pemerintah diminta untuk menaikkan gaji pejabat negaranya seperti di Korea Selatan dan Jepang.

Demikian disampaikan oleh Profesor Ha-Joon Chang seorang ahli ekonomi asal Korea Selatan saat memberikan ‘kuliah umum’ kepada Presiden SBY dan para menteri di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (19/5/2011).

“Anda harus bisa menggaji para pejabat negara dengan baik. Anda tidak perlu gaji berdasarkan kemahiran, di swasta seperti di Korea dan Jepang, pejabat negara di Korea dan Jepang pejabat negara gajinya tinggi,” tutur Chang.

Dalam kuliah tersebut memang muncul permaslaah soal hambatan-hambatan pembangunan di Indonesia dalam beragam bentuk. Hambatan tersebut seperti hambatan birokrasi yang membuat pembangunan berjalan lambat.

“Di Singapura, pejabat negara digaji 110% lebh tinggi dari swasta. Kalau mereka membuat kesalahan mereka dipecat. Anda harus bertanya pada pakar administrasi publik,” jelas Chang.

Chang mengatakan, banyak orang berpendapat birokrasi di negara berkembang tidak kunjung membaik seperti di Jepang dan Korea.

“Jepang dulu kirim pejabat ke luar negeri untuk pelatihan birokrasi, dan mereka mengalami perkembangan seiring berjalan waktu,” ucap Chang.

Lintasberita from Detik