Selundupkan Narkoba Rp 3,3 Miliar, Wanita Vietnam Ditangkap di Yogyakarta

Seorang wanita asal Vietnam ditangkap aparat Bea dan Cukai di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Dia kedapatan membawa narkotika jenis methamphetamine senilai Rp 3,316 miliar yang diduga akan dijual di Indonesia.

Penangkapan berlangsung pada pukul 09.00 WIB, Rabu (20/4/2011). Wanita paruh baya berinisial LTK tersebut menumpang pesawat Air Asia AK-94 yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia.

“Pelaku berkewarganegaraan Vietnam, perempuan, usia 55 tahun. Barang bukti berupa methamphetamine seberat 1,658 kilogram yang harganya mencapai Rp 3,316 miliar,” ujar kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukar Pabean Yogyakarta, Sudaryanto kepada wartawan di kantornya di Jl Solo, Yogyakarta, Rabu (20/4/2011) sore.

Kecurigaan petugas bermula ketika dilakukan analisa passenger list dan pemeriksaan menggunakan X-ray terhadap tas punggung yang dibawa tersangka. Di dalam tas itu ditemukan sebungkus bubuk kristal warna putih di tempat yang tersembunyi.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal menggunakan narkotest di bandara, disimpulkan bawah bubuk kristal warna putih tersebut merupakan methamphetamine. Untuk lebih memastikannya, contoh barang bukti dikirim ke Balai Pengujian dan Identifikasi Barang di Jakarta.

“Ternyata memang benar masuk dalam daftar Narkotika Golongan I,” sambung dia.

Pemeriksaan terhadap paspor, diketahui LTK pada Desember tahun lalu juga datang ke Indonesia. Bedanya pada saat itu dia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

“Ini kasus penyelundupan narkoba pertama di Bandara Adisutjipto untuk 2011. Tahun lalu kita menggagalkan 3 kasus penyelundupan narkoba,” sambung Kasi Pengawasan KPPBC Pabean Yogyakarta, Bekti Willi.
Sumber : Detik News