Mario Teguh Golden Ways 23 Januari 2011: Senyum Buaya

Sahabat Indonesia yang baik, berikut adalah resume Mario Teguh Golden Ways Metro TV edisi 23 Januari 2011, dengan topik Senyum Buaya. Semua orang bisa tersenyum, ada yang betul2 tersenyum, ada yang senyumnya karena terpaksa. Tetapi ada gerakan fisik diwajah yang menandakan kesenangan dihati dan dikomunikasikan untuk mengundangkan kesenangan yang sama.

Tetapi kadang2 ada seyuman yang tidak tulus dan orang sering menyebutnya senyum buaya. Mulai dari sekarang marilah kita alihkan senyum buaya kita, dari tadinya senyum yang tidak tulus menjadi senyum untuk mengagetkan atau memberikan surprise pada orang2 yang kita cintai.

Jadi senyuman kita bukan senyum yang dikenali, bukan hanya senyum kegembiraan tetapi senyum rencana.

Orang2 tidak baik/jahat biasanya lebih jujur didalam expresinya, ia tampil kasar, dengan bahasa yang kasar, kalau tidak suka menunjukan rasa tidak sukanya; sehingga kita tidak lagi menduga-duga orang ini baik atau tidak.

Tetapi orang yang menggunakan topeng baik, kita harus hati2, karena kita bisa salah-salah; salah-salah itu adalah salah menduga orang jelek, padahal baik.

Dalam menetapkan orang lain itu baik atau tidak, maka latihlah diri kita untuk merasa baik dahulu. Jangan berprasangka buruk dahulu, lebih baik memperlakukan orang jahat dengan baik, daripada memperlakukan orang jujur dengan kecurigaan.

Kalau tujuan kita menjadi orang yang disukai, itu termasuk disukai oleh orang yang tidak baik. Karena bagaimana mungkin kita mengundang orang yang tidak baik menjadi baik, kalau dia tidak menyukai kebaikan kita.

Kalau kita melihat orang yang tidak baik, sebagai orang yang belum mengerti, maka kita akan sangat ramah.

Dalam hubungan kita dengan orang lain, kita semua mempunyai formulanya, dan formula ini tetap dan pasti; formula ini digunakan untuk menyukai orang atau untuk membenci orang.

Yang paling berbahaya apabila orang baik kita tolak, orang yang tidak baik kita ijinkan dekat, karena formula kita yang salah.

Cara mengenalinya apabila hidup kita belum kuat, belum mapan, belum berwibawa dan belum berwenang; pasti ada hal yang harus diperbaiki dalam cara kita menyukai atau menolak orang.

Janganlah keinginanmu untuk menghamba kepada keinginanmu untuk dicintai, mengabaikan hakmu untuk menjadi jiwa yang berbahagia.

Terkadang kita ingin sekali dicintai, padahal dia tidak mencintai kita. Kita tidak bisa memaksakan dia harus mencintai kita, karena rasa cinta itu pemberian dari Tuhan.

Maka ijinkan cinta itu menemukan anda, kalau anda pantas untuk dicintai. Karena wanita yang baik untuk pria yang baik, pria yang baik untuk wanita yang baik2.

Orang yang mencintai kita akan memperlakukan kita dengan penuh hormat, sehingga kita yang harus belajar mengembalikan penghormatan itu dalam bentuk kasih sayang, mungkin tidak cinta tapi kasih sayang.

Orang yang kita cintai mati-matian tetapi tidak mencintai kita, akan memperlakukan kita seperti orang yang mengejar-ngejar/fans.

Janganlah kebutuhanmu untuk menghamba itu, menelantarkan mu untuk berbahagia. Untuk itu maka tegaslah dalam menentukan pilihan.

Jika anda merindukan pria yang baik, berfokuslah dalam mengindahkan diri, jadilah pribadi yang hatinya lembut dan santun.

Jangan kecil hati dulu apabila kehidupan anda dengan pasangan tidak bahagia; perbaiki dulu bahasa cinta diantara anda berdua.

Bahasa cinta pada setiap orang tidak akan sama. Cara terbaik untuk memperbaiki bahasa cinta dengan mundur dulu, evaluasi cara2 yang pernah dilakukan pada paangan anda. Bisa jadi kita salah dalam cara bicara atau mungkin salah mengerti apa yang diinginkannya.

Ada tuntunan diturunkan oleh Tuhan ratusan tahun yang lalu, tetapi kita mempunyai kecenderungan merobohkan pagar, tanpa mengerti kenapa pagar itu didirikan. Agama adalah pagar, untuk mencegah keburukan masuk dalam kehidupan kita.

Yang sangat fundamental didalam kasih sayang ada dua, Pertama adalah pemberian dan kedua adalah pelayanan. Kalau ada suami istri yang tidak mau saling melayani antara satu sama lain itu adalah bukan pernikahan.

Perbaiki kualitas hubungan dengan membanyakan pemberian. Tidak ada pemberian yang lebih indah daripada pemberian diri.

Maka berikan sesuatu kepada pasangan anda, dan lakukan sesuatu untuk menyenangkannya.

Senyum buaya itu tidak akan melukai hati kita, kalau kita mengerti bahwa cinta itu membutuhkan penghormatan.

Jika seseorang mengatakan bahwa dia mencintai anda, tetapi kata2nya tidak menghormati anda sebagai pribadi yang baik dan mandiri; maka dia tidak betul2 mencintai anda. Mungkin dia ingin memiliki anda, tetapi bukan cinta, karena cinta adalah pemujaan, maka bagaimana mungkin orang yang memuja anda menyakiti anda.

Ada banyak hal yang harus dilakukan dari sudut penghormatan; tidak ada ruginya kita menjadi pribadi yang penuh hormat, supaya orang2 yang tidak mengerti hormat jengah bergaul dengan kita, sehingga akhirnya hanya orang2 yang mengerti penghormataan yang bergaul dengan kita.

Karena yang kta jadikan sahabat ada satu atau dua orang diantara mereka yang disiapkan Tuhan untuk mudah kita cintai dan mudah mencintai kita.

Semua kehidupan yang baik adalah selalu kehidupan yang penuh cinta kasih, maka jangan berlama-lama dalam keadaan yang tidak baik.

Orang yang berlama-lama dalam kehidupan tidak baik lama-lama dia akan menerima dan merasa pantas diperlakukan tidak baik.

Maka jika ini terjadi hanya ada dua hal yang harus dilakukan:
1.Perbaiki diri agar sesuai dengan keadan yang baru, yang menjadi hak kita, karena Tuhan menjamin bahwa hidup kita akan lebih baik jika mau berupaya.

2.Tegas memilih dimana kita berdiri, kita dilahirkan untuk menjadi pribadi mulia yang tidak untuk menerima perendahan. Karena tidak mungkin lagi kita menghambakan diri kepada cinta, dengan mengabaikan hak kita untuk berbahagia. Jadi berhati-hati lah terhadap upaya orang, untuk mengambil keuntungan dari selain hanya menjadi sahabat bagi jiwa kita.

Demikian resume singkat Mario Teguh golden Ways, dengan topik Senyum Buaya, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semuanya.

Mohon maaf atas segala kekurangan dalam teknik perangkuman ini. Jika didapati kekeliruan, sudi kiranya sahabat sekalian untuk mengoreksinya.

Kami juga mohon maaf  karena padatnya kesibukan, beberapa episode mtgw terakhir tidak bisa kami buatkan resume-nya. Tetapi untuk rekaman audio-nya Insya Allah kami usahakan selalu ada, bisa di unduh di halaman Free Download

Lintasberita & Tutorialblogging