Startup Jasa Keuangan Memudahkan Masyarakat Mengakses Perbankan

Meskipun ketinggal dari negara lain, selama 5 tahun belakangan ini perkembangan Startup di Indonesia terliat sangat pesat dan berwarna, termasuk di dalamnya startup di bidang finansial atau jasa keuangan. Biasanya jenis startup ini bertindak sebagai perantara atau semacam laku pandai suatu perbankan. Kelebihannya digital teknologi ini dapat memberikan layanan dari beragam bank tidak terikat di salah satu lembaga keuangan semata. Meski ada pula beberapa startup di bidang finansial yang menawarkan produk mereka sendiri.

startup

Layaknya perbankan, produk layanan dari usaha jenis ini sangat beragam dan bermacam mulai dari produk deposito, simpanan, kartu kredit, hingga kredit tanpa agunan atau KTA. Dengan menggunakan teknologi internet layanan mereka dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama konsumen memiliki akses internet.

Produk Apa yang mereka tawarkan?

Seperti yang kita tuliskan di muka, jasa keuangan online dapat menawarkan berbagai macam produk dari perbankan terkemuka di Indonesia. Beragam produk unggulan yang kerap mereka tawarkan antara lain sebagai berikut:

Kartu Kredit

Kartu kredit sebenarnya menjadi produk perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tarik tunai dan bertransaksi dengan dana talangan dari perbankan yang bersangkutan. Jasa Keuangan Online biasanya menawarkan kartu kredit dari perbankan terkemuka di Indonesia seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, CIMB Niaga, Bank Danamon, dan lain sebagainya.

Selain dapat diajukan secara online melalui startup jasa keuangan konsumen juga dapat membandingkan kartu kredit mana yang paling tepat sekaligus membandingkan iuran bulanan maupun tahunan yang dikenakan bagi pengguna.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu produk unggulan yang biasanya ditawarkan dengan ketentuan tertentu. Beberapa startup terkemuka di Indonesia biasanya menawarkan layanan kredit dari perbankan terkemuka pula di Indonesia mulai dari KTA BCA, KTA Mandiri, KTA ANZ, dan lain sebagainya.

Meksipun tetap ada ketentuan dan persyaratan dalam melakukan permohonan pinjaman namun dengan adanya startup jasa keuangan ini masyarakat dimudahkan dalam mengakses perbankan terutama bagi mereka yang menghendaki produk tertentu sesuai kebutuhan mereka.

Deposito

Deposito juga menjadi produk yang tak ketinggalan ditawarkan oleh jasa keuangan berbasis online yang akhir-akhir ini banyak bermunculan. Dalam layanannya mereka menginformasikan keunggulan dan ketentuan apa saja yang wajib dipernuhi oleh calon nasabah deposito. Perbandingan suku bunga antara satu bank dengan bank lain memudahkan nasabah dalam memilih perbankan mana yang paling menguntungkan bagi dirinya.

Pinjaman Produktif

Selain produk kredit tanpa agunan seperti KTA Mandiri dan BCA Bisnis Starup di bidang finansial ini juga banyak memberikan penawaran pinjaman produktif khusus sebagai modal kerja. Layana ini tentu sangat cocok bagi kalangan pengusaha dalam mencari pinjaman guna pengembangan bisnis mereka.

Jika kita prediksikan ke depan kemungkinan besar startup model seperti ini masih akan banyak bermunculan di Indonesia. Selain memberikan kontribusi dalam permbangunan ekonomi startup jasa keuangan juga memudahkan masyarakat dalam mengakses perbankan.