Mahasiswa UMY Kembangkan Pengukur Suhu Paralel

UMY.- Alat pengukur suhu ruangan secara paralel sebanyak delapan ruangan dikembangkan oleh mahasiswa teknik elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kunci kerja pengukur tersebut pada jumlah sensor.

Mahasiswa Teknik Elektro UMY Ambar Tri Utomo mengatakan pengembangan alat pengukur suhu ruangan secara paralel tersebut sangat membantu menentukan suhu udara di ruang-ruang terpisah di pabrik-pabrik.

Penelitiannya tentang pengukur suhu ruangan secara paralel dimotivasi oleh efisiensi. Pabrik-pabrik hanya menggunakan pengukur suhu tunggal, setiap ruangan satu alat. “Semakin banyak ruang yang membutuhkan alat tersebut, semakin banyak biaya yang dikeluarkan,” kata dia, Selasa (15/3).

Alat pengukur suhu delapan ruangan ini diciptakan karena Ambar melihat belum efektifnya alat pengukur suhu yang ada. Seperti halnya yang ada di pabrik-pabrik atau industri kecil. Biasanya mereka memasang alat pengukur suhu di tempat-tempat terpisah disesuaikan dengan kebutuhan. “Alat pengukur suhu delapan ruangan ini akan memudahkan dan menghemat biaya untuk pemasangan alat tersebut,” kata dia.

Pengembangan pengukur suhu ruangan paralel ini memerlukan waktu relatif singkat dalam penelitiannya, hanya selama tiga bulan. Sistem kerja alat ini, kuncinya pada jumlah sensor. Ambar menggabungkan terobosannya dengan membuat satu alat pengukur suhu ruangan yang di dalamnya diperkuat dengan delapan sensor ruangan.Satu sensor yang terhubung oleh alat utama pengukur suhu bisa ditempatkan secara terpisah di setiap ruangan yang diukur suhunya. Delapan sensor tersebut akan bekerja simultan dalam waktu yang sama ketika alat utama pengukur suhu dihidupkan dan dihubungkan dengan komputer.

Dia merinci alat pengukur suhu yang sudah lengkap dengan delapan sensor disambungkan dengan LCD untuk menampilkan nilai suhu ruangan. Alat sensor LM35 yang terpasang sebagai bagian komponen pengukur suhu akan mendeteksi suhu ruangan. Hasil deteksi suhu sensor diproses oleh alat dikonversikan menjadi sinyal digital kemudian sinyal yang diproses oleh mikrokontroler. Mikrokontrol. Alat ini mengirimkan sinyal tingkat suhu ke komputer yang tersambung dan ditampilkan melalui LCD. Jika komputer menampilkan angka T1 = 32,5 C, itu artinya suhu ruang A adalah 32,5 C. Tampilan delapan suhu ruangan akan terlihat secara berurutan.

Menurutnya pengukur suhu bisa membantu untuk mendeteksi terjadinya kenaikan suhu yang berlebihan. Ini sangat penting ketika suhu ruang melebihi normal bisa menggangu kenyamanan pekerja. Dengan adanya pendeteksi suhu secara paralel, petugas perusahaan misalnya akan memudahkan mengontrol pemicu kenaikan suhu suatu ruangan.

Lintasberita