42 Toko Modern di Sleman Tidak Punya HO

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sleman melakukan monitoring terhadap pertumbuhan toko modern di wilayahnya.

Sampai saat ini di Sleman terdapat 117 toko modern yang tersebar di beberapa kecamatan. Menurut Slamet Riyadi, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, banyak toko modern yang belum melengkapi izin yang ditentukan.

Dari 117 toko modern, baru 75 toko yang mempunyai izin HO, kemudian yang baru memiliki izin SIUP sebanyak 58 toko sedangkan toko yang sudah mempunyai TDP (Tanda Daftar Perusahaan) baru 37 buah.

“Kami sudah menghimbau kepada pengusaha toko modern untuk segera melengkapi izin yang belum lengkap. Tetapi selama ini mereka menyepelekan himbauan itu,” katanya.

Slamet menjelaskan, tujuan dilakukannya monitoring ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh terhadap kelangsungan pasar tradisional yang ada di Sleman dan kemudian mencari solusi terbaik.

Selain banyak yang melanggar perizinan, toko modern di Sleman banyak melanggar Peraturan Bupati Sleman nomor 13 tahun 2010 tentangĀ  Penataan Lokasi Toko Modern dan Pusat Perbelanjaan. HampirĀ  persen toko modern yang melanggar jarak pendirian toko modern dengan pasar tradisional.

“Jarak pendirian toko modern dari pasar tradisional minimal 500 meter tetapi sebanyak 79 toko modern berdiri di dekat pasar tradisional,” jelasnya.

Sementara itu disinggung mengenai pengeluaran izin,Slamet mengatakan kalau selama izin dari dinas terkait tidak ada masalah maka pihaknya akan menindak lanjuti dengan mengeluarkanĀ  izin.

Lintasberita from Tribun