Tuan Rumah Thomas-Uber Ditentukan Jumat

Tuan rumah penyelenggara Piala Thomas dan Uber 2012 bakal ditentukan pada rapat induk organisasi olahraga bulu tangkis dunia (BWF) di Qingdao, China, Jumat (3/6).

Perwakilan BWF berasal dari Malaysia, Selvam Subramaniam, di Qingdao, China, Minggu, mengatakan, dua kota menjadi calon tuan rumah yaitu Jakarta (Indonesia) dan Wuhan (China).

“Kami akan tentukan siapa yang akan menjadi tuan rumah dalam rapat BWF, Jumat (3/6) mendatang,” katanya.

Kalau tuan rumah Piala Sudirman 2013, katanya, informasinya dua negara menjadi calon tuan rumah yaitu Malaysia dan Australia.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Djoko Santoso, mengatakan, PBSI sedang menjajaki untuk menjadi tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2012.

“Tetapi prosesnya masih panjang karena penyelenggaraannya masuh tahun depan,” katanya.

Beberapa pertimbangan antara lain mengenai hak siar yang tidak lagi diberikan kepada tuan rumah dan larangan penggunaan “title sponsor”.

“Ada beberapa perubahan dalam aturan untuk menjadi tuan rumah, di antaranya tidak boleh menggunakan `title sponsor` dan hak siar tidak diberikan kepada panitia lokal,” kata Sekretaris Jenderal PB PBSI, Yacob Rurdianto.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Thomas dan Uber terakhir pada 2008, saat tim Merah Putih Uber berhasil mencapai babak final.

Pada 2010, Piala Thomas dan Uber digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Lintasberita at Antara