Tutorial Blog UMY (Membuat Postingan)

Berikut ini adalah beberapa Tutorial dalam Blog UMY :

  • Membuat Postingan / Artikel Baru

Untuk membuat artikel baru terlebih dahulu kita harus sudah berada di dalam menu Dashboard. Setelah itu kita pilih Menu Post lalu kemudian Add New, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

  • ¬†Menambahkan Tautan / Link dan Image didalam Tulisan / Artikel

Untuk menambahkan Tautan / Link dan Image didalam Tulisan perhatikan pada gambar dibawah berikut ini

Pertama yang harus anda lakukan adalah memblock Tulisan atau Kalimat yang akan diberi Tautan / Link setelah itu Klik tanda Rantai pada menu edit tulisan atau dengan menggunakan tombol Alt + Shift + A. Maka akan muncul tampilan baru seperti berikut.

Isikan alamat URL yang ingin kita Tautakan dan Isi Juga Tittle atau kita juga bisa mengambil Tautan dari Tulisan-tulisan kita sebelumnya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Jika sudah selesai tinggal klik Add Link.

Sedangkan untuk menambahkan Image perhatikan gambar dibawah ini.

Pertama klik Logo Add Media seperti pada gambar diatas kemudian pilih gambar yang diinginkan, apakah mengambil file dari komputer ataupun dari image yang telah tersimpan sebelumnya.

Kemudian edit pengaturan besar dan letaknya sesuai selera andadan jika sudah tinggal klik Insert into Post.

  • Menambahkan Tags dan Categories

Penambahan Tag ke dalam artikel yang kita buat manfaatnya adalah untuk mempermudah pengunjung blog kita ketika ingin melakukan pencarian artikel-artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dia baca dan ini biasanya dilakukan dalam pencarian Search Engine.

Sedangkan adanya Kategori pada blog tentu memilik manfaat juga, yaitu bagi pengunjung. Pengunjung yang tertarik pada topik tertentu bisa mencari tulisan sejenis lewat kategori yang ada.

Untuk cara menambahkan kategori dan tags sangatlah mudah seperti pada gambar dibawah ini

Isikan Kategori yang kira-kira sesuai dengan artikel anda dan untuk Tags tambahkan beberapa kata kunci yang kira-kira relevan dengan artikel anda, tags bisa lebih dari satu.

  • Memberi Tautan / Link dari¬† Media Library

Kita bisa juga memberi tautan / link dari file-file yang telah tersimpan dalam media library kita. Tentu saja file- file tersebut harus telah terupload dalam Media Library kita. Untuk melihat URL dari file-file yang tersimpan di Media Library cara nya sangatlah mudah, pertama-tama kita buka Media Library kita dalam new tab :

Setelah itu klik edit pada gambar yang diinginkan, selain gambar kita juga bisa memasukan file kedalam media dengan format ( doc, pdf, txt, html ) dll

Nah pada File URL seperti pada gambar diatas itulah alamat URL dari file yang kita inginkan, jadi nanti yang dimasukkan pada gambar 3 seperti diatas adalah alamat url tersebut.

Jika dirasa Tulisan yang anda sudah buat sudah baik tinggal kita klik Publish dan dengan otomatis tulisan tersebut akan keluar pada halaman depan Blog anda.