Wenger tentang Spesialnya Piala FA

kingtonafp

London – Manajer Arsenal membeberkan penilaiannya mengenai betapa spesialnya Piala FA buat dirinya, sesuatu yang bahkan sudah ia rasakan sedari dulu kala.The Gunners akan menghadapi Aston Villa dalam partai final di Wembley pada tanggal 30 Mei mendatang. Kemenangan akan membuat Wenger meraih enam titel di ajang tersebut, melewati Thomas Mitchell dan Sir Alex Ferguson, dan menyamai George Ramsey sebagai manajer tersukses di Piala FA.

Wenger sendiri acapkali terindikasi lebih mementingkan posisi di Premier League, dengan target minimal empat besar alias lolos ke Liga Champions, alih-alih menjuarai Piala FA. Tetapi ia kini mengungkap betapa ajang itu sebenarnya menyimpan kesan tersendiri buat dirinya sedari dulu kala.

“Ketika saya masih bocah menyaksikan Piala FA, itu merupakan sebuah impian. Piala FA merupakan salah satu kompetisi yang dapat Anda saksikan hitam-putih,” kenang Wenger di London Evening Standard.

“Saat itu yang membuat saya terpana adalah bolanya yang putih dan lapangannya yang sempurna, benar-benar tanpa cela, karena saya saat itu bermain di pedesaan yang lapangannya kacau sekali. Rambut para pemainnya disisir rapi-jali dan para manajernya saat itu terlihat santai, mereka bergurau bersama di bench,” tuturnya melanjutkan.

“Saya percaya Piala FA adalah kompetisi domestik dengan sistem gugur terbaik di dunia karena itulah yang paling sarat tradisi, inilah negara pertama Piala FA menjadi kompetisi pertama. Segera setelah sampai ke Arsenal nyaris 20 tahun lalu saya menyadari bahwa ketika Piala FA ada di depan mata, itu adalah sesuatu yang berbeda, partai-partainya spesial. Anda ke Wembley, itu jadi hari spesial buat para suporter dan rasa tanggung jawab yang Anda rasakan sebagai seorang manajer jadi lebih besar pada hari tersebut,” ucapnya.

Arsenal sendiri akan menjadi favorit atas Villa di laga final nanti. Tetapi Wenger tahu benar betapa kejutan acapkali terjadi di ajang ini, menambah keistimewaan Piala FA.

“Jika Anda berada di Piala FA, semua tim bisa memimpikan jadi pemenang di awal musim sedangkan (Premier League) cuma tujuh klub yang bisa bermimpi untuk menjuarainya. Di sana (Premier League) Anda bisa terus bicara tapi kita semua tahu dana terbesar yang akan menjuarainya,” kata Wenger.

“Adanya impian yang terbuka itulah yang membuat Piala FA spesial dalam sepakbola. Dalam olahraga basket jika Anda bermain lawan tim dari Divisi Dua, mereka takkan punya peluang menang terkecuali diberikan bonus 30 poin di awal. Cuma olahraga kami yang bisa menciptakan ketegangan karena adanya ketidakpastian,” lanjutnya.

(krs/din)

Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2015/05/21/200240/2921556/72/wenger-tentang-spesialnya-piala-fa