Mengatur Widget Dashboard WordPress

Untuk sobat yang sering bolak-balik login dan bekerja dibalik blog yang ber-engine WordPress pasti sudah mengenal hampir semua fiturnya WordPress ini. Semua fitur yang ada di WordPress bisa dilihat melalui Backend Visual di Dashboard yang berbentuk menu dan widget.

Namun kadang kita tidak selalu membutuhkan semua fitur standarnya WordPress ini muncul di Dashboard, kadang2 kita merasa risih dengan berbagai fitur yang sebenernya gak diperlukan. Defaultnya, WordPress akan menampilkan berbagai widget standar bawaan, diantaranya :

  • Dashboard menu : Right Now, Recent Comments, Incoming Links, Plugins, QuickPress, Recent Drafts, WordPress Development Blog, Other WordPress News
  • Posts menu : Author, Categories, Tags, Comments, Date
  • Posts – Add New menu : Send Trackbacks, Custom Fields, Discussion, Author, Excerpt, Post Tags, Categories
  • Posts – Categories menu : Description, Slug, Posts
  • Posts – Post Tags menu : Description, Slug, Posts
  • Dan seterusnya…

Saya sendiri berpendapat bahwa tidak mungkin semua menu dan widget itu kita gunakan selama kita bekerja di dashboard blog kita. Tentunya kita hanya menggunakan menu2 yang sekiranya mendukung untuk aktifitas kita selama berada di balik blog.

Untuk membuat tampilan dashboard lebih sederhana, ada baiknya sobat mengurangi widget2 yang kurang penting. Sobat bisa menyembunyikan widget tersebut melalui menu Screen Options yang berada di pojok kanan atas dashboard. Perlu diperhatikan bahwa tidak setiap menu di WordPress memiliki Screen Options, jadi hanya beberapa menu saja yang bisa diatur ulang.

Gambar di atas hanya merupakan contoh tampilan default dari widget2 yang ada di dashboard WordPress, sobat bisa menyembunyikan beberapa widget yang sekiranya tidak terlalu penting agar loading dashboard menjadi lebih ringan dan pandangan mata sobat bisa lebih fokus dengan widget2 yang lebih penting.

Sobat juga bisa mengatur jumlah kolom dan mengatur posisi widget. Untuk mengatur posisi widget, yang harus kita lakukan hanya Drag & Drop, tinggal klik dan geser saja menggunakan mouse.

Lintas Berita