Alternatif Pengganti Yahoo Site Explorer

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sekarang layanan Yahoo Site Explorer telah digabung Dengan Bing Webmaster. Akibat dari penggabungan ini tentu saja sangat luas dan bisa berdampak negatif dan positif. Sejak peluncurannya pada tahun 2005 Yahoo Site Explorer langsung menjadi acuan bagi para webmaster dalam memantau perkembangan link website masing-masing. Yahoo Site Explorer memiliki kelebihan dalam mengindeks link / tautan yang mengalir ke website maupun blog kita, yahoo lebih selektif dalam mengindeks link. Sebagai contoh mudahnya Yahoo tidak menganggap hanya dengan comment pada sebuah artikel pada blog/website dapat dikategorikan menjadi link tetapi mereka mempunyai kriteria-kriteria tertentu untuk menilai apakah comment tersebut layak untuk dijadikan link atau tidak.

Berbeda dengan Google yang selalu dan pasti mengkategorikan comment pada sebuah artikel menjadi link apalagi didalam comment tersebut terdapat tautan keblog kita seperti ” Thanks for sharing. Visit Back to my web http://yourwebsite.com/.

Dengan dihapuskan layanan Yahoo Site Explorer ini membuat kita mencari-cari apakah ada layanan yang sebaik dengan yahoo dalam mengindeks link, mungkin beberapa fasilitas site explorer dibawah ini dapat sedikit membantu, walaupun saya sendiri merasa tidak ada yang sebaik Yahoo dalam melakukan indeks tetapi lumayanlah daripada tidak sama sekali.

Semoga ini dapat sedikit membantu karena untuk Bing sendiri tidak menampilkan site explorer untuk publik namun hanya kepada webmaster website / blog saja.